nusabali

23 Calon Anggota KPU Bali 2023-2028 Jalani Tes Tertulis

  • www.nusabali.com-23-calon-anggota-kpu-bali-2023-2028-jalani-tes-tertulis

DENPASAR, NusaBali.com -  Setelah tuntas melewati seleksi administratif, sebanyak 23 peserta seleksi Anggota KPU Provinsi Bali periode 2023-2028  menjalani  tes tertulis di Denpasar pada Rabu (7/6/2023). Peserta seleksi dari kalangan petahana hingga pendatang baru ini dihadapkan pada 100 soal pilihan ganda dan lima soal esai.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Anggota KPU Bali I Nyoman Budi Adnyana menjelaskan, tes tertulis daring yang berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini berlangsung selama 150 menit sejak 09.00 Wita.

Di mana, 105 butir soal itu bersifat rahasia hingga pembukaan segel bank soal dilakukan tepat beberapa menit sebelum tes yang dilaksanakan di ITB STIKOM Bali dimulai.

"Pure karena ini memakai sistem teknologi informasi seperti ini, soal berbentuk flashdisk yang disegel baru tadi dibuka segelnya oleh Timsel. Kemudian dimasukkan ke sistem oleh tim teknis KPU RI," ujar Budi Adnyana kepada NusaBali.com saat dijumpai di sela memantau pelaksanaan tes tertulis.

Lanjut Ketua DPC Peradi Kota Denpasar, soal-soal itu baru bisa dikerjakan ketika sistem dibuka seizin KPU RI. Kemudian, peserta dipersilakan mengerjakan soal hingga pukul 11.30 Wita dengan komposisi soal teracak dan ada pula bentuk soal yang berbeda-beda antara satu peserta dan peserta lainnya.

Sampai akhir tes tertulis, tidak dijumpai kendala berarti dari segi teknis seperti gangguan jaringan maupun komputer yang error. Berdasarkan pengakuan peserta yang telah usai mengerjakan 105 butir soal itu, kendala CAT lebih kepada kesiapan masing-masing pribadi.

Hasil pengerjaan tes tertulis khususnya soal pilihan ganda dapat langsung dilihat hasilnya oleh peserta. Namun, untuk bobot jawaban soal esai yang dikerjakan peserta bakal dinilai terlebih dulu oleh Timsel.

Pada Kamis (8/6/2023), 23 peserta seleksi akan melanjutkan ke tahapan psikologi yang akan dilaksanakan di Prime Plaza Hotel Sanur mulai pukul 08.00 Wita.

Mengingat tidak adanya passing grade pada tes tertulis ini, Ketua Timsel Budi Adnyana menegaskan, nilai CAT, bobot esai, dan hasil tes psikologi akan dipertimbangkan secara komprehensif.

"Dari tahapan tes tertulis dan tes psikologi dari pihak ketiga ini nanti akan dicari 20 bakal calon. Hasilnya akan kami umumkan pada Sabtu (17/6/2023) mendatang," tandas Budi Adnyana yang juga pendiri BAS Law Firm. *rat

Komentar