nusabali

Undiksha Raih Juara Umum IMBASADI 2023

  • www.nusabali.com-undiksha-raih-juara-umum-imbasadi-2023

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menjadi juara umum dalam kompetisi serangkaian Sarasehan Nusantara X Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Daerah se-Indonesia (IMBASADI) 2023 digelar Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah.

Pada ajang berlangsung 29 Mei - 1 Juni 2023 itu, kontingen Undiksha yang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Bali Jurusan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Bahasa dan Seni,  berhasil menorehkan juara pada enam bidang perlombaan.

Prestasi yang diraih juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dengan peserta Ni Komang Juni Anti dan Ni Luh Listya Purnami, juara favorit pada Lomba Tipografi diikuti Ida Ayu Made Yulia Rastuti, juara I dan juara favorit pada Lomba Video Dokumenter Tradisi diikuti I Made Joniarta, Ni Komang Juni Anti, Desak Made Dian Widianingsih, dan Ni Luh Listya Purnami, dan juara I dan juara favorit Lomba Poster Tradisi diikuti I Made Joniarta.

Selain lomba tersebut, prestasi juga dipersembahkan melalui Lomba Cover Lagu Pop Daerah. Lomba ini diikuti oleh Desak Made Dian Widianingsih dan berhasil menyabet juara I. Pada ajang Pemilihan Putra Putri Imbasadi, Luh Putu Dian Tristyanti berhasil meraih Runner Up II kategori Putri Imbasadi dan Ketut Teguh Virgiawan berhasil meraih runner up I kategori Putra Imbasadi.

Koordinator kontingen, Desak Made Dian Widianingsih menyampaikan perlu sekitar satu bulan untuk persiapan menghadapi ajang tahunan ini. "Kami juga harus mempersiapkan sebuah pentas pagelaran yang pada saat itu menampilkan drama musikal untuk penampilan masing-masing universitas saat acara pembukaan," katanya, Selasa (6/6).

Terhadap prestasi yang diraih, dia bersama peserta lainnya mengaku sangat bangga dan sekaligus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kualitas diri. "Tentu raihan prestasi ini tidak terlepas dari dukungan prodi, jurusan, fakultas, dan universitas," imbuhnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni Undiksha, Prof Dr I Wayan Suastra MPd, mewakili Rektor, mengapresiasi prestasi tersebut. "Kami sangat bangga Undiksha yang diwakili oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Bali kembali berhasil meraih juara umum," ungkapnya.

Menurutnya, prestasi ini juga memberikan kontribusi terhadap Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa) Undiksha di tingkat nasional. “Prestasi ini juga penting bagi mahasiswa. Ini bisa digunakan untuk melengkapi capaian akademik. Kami berharap mahasiswa Undiksha semakin semangat mengikuti kompetisi dan mampu berprestasi," pungkasnya.7mzk

Komentar