nusabali

Kabupaten Jembrana Segera Miliki Rumah Produksi Bersama Kakao

  • www.nusabali.com-kabupaten-jembrana-segera-miliki-rumah-produksi-bersama-kakao

NEGARA, NusaBali - Kabupaten Jembrana akan segera memiliki rumah produksi bersama kakao dengan bantuan Mayor Project Factory Sharing Rumah Produksi Bersama Komoditas Kakao dari Kementerian Koperasi dan UKM. 

Melalui Dana Tugas Pembantuan dengan pagu anggaran sebesar Rp 9.607.077.000, rumah kakao diharapkan tidak hanya untuk produksi, namun juga terbangunnya ekosistem kakao sinergis dengan pengembangan wisata, sehingga makin meneguhkan Jembrana sebagai kabupaten penghasil kakao terbaik.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima  expose laporan konsultan DED terkait rancangan pembangunan rumah kakao, di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Selasa (6/6). Lokasi Rumah Produksi Bersama UMKM Kakao di Jembrana, akan dipusatkan di Koperasi  Kakao Kerta Semaya Samaniya, Desa Nusasari, Kecamatan Melaya.

Bupati Tamba mendukung dan mengapresiasi pengembangan program factory sharing di bidang kakao yang dikembangkan di Jembrana. Dia mengungkapkan bahwa kakao menjadi salah satu komoditas unggulan di Kabupaten Jembrana. Di samping itu, saat ini kakao Jembrana juga telah berhasil menembus pasar internasional, khususnya di Benua Eropa dan Amerika.


“Jika dibandingkan dengan kakao lainnya yang ada di Indonesia,  aroma khas biji kakao mejadi salah satu keunikan yang dimiliki komoditas kakao Jembrana. Hal itulah yang menjadikan kakao Jembrana sangat diminati pasar internasional,” ujar Bupati Tamba.

Selain dukungan langsung dari Kementerian Koperasi dan UKM RI dengan membentuk factory sharing bidang produksi kakao, Bupati Tamba berharap ke depannya Kabupaten Jembrana tidak hanya memproduksi kakao. Akan tetapi juga diharapkan membangun ekosistem, dan memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat Jembrana.

“Ada ruang display dan edukasi sehingga wisatawan nantinya yang akan berkunjung ke Jembrana bisa menikmati kakao Jembrana. Dengan berbagai produk olahannya, sekaligus meneguhkan Kabupaten Jembrana sebagai kampung cokelat,” kata Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, ini. @ ode

Komentar