nusabali

Bali Ingin Gelar Pra PON Kabaddi

  • www.nusabali.com-bali-ingin-gelar-pra-pon-kabaddi

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali all out berjuang agar Bali dipilih menjadi host atau tuan rumah Pra PON Kabaddi. Sebab saat ini PB FOKSI belum memutuskan daerah yang jadi tempat penyelenggaraan kualifikasi PON.

“Kepastian itu menunggu hasil Musyawarah Nasional (Munas) pada Juni 2023. Semua keputusan ada pada Munas, yang jelas kita siap menjadi tuan rumah Pra PON," kata Ketum Pengprov FOKSI Bali, I Made Sukawan Adika, Minggu (4/6). 

Menurut Sukawan Adika, waktu dan pelaksanan Pra PON kabaddi memang belum diputuskan. PB FOKSI dikhabarkan baru menggelar Munas sebagai amanat musyawarah tertinggi pada Juni nanti. 

"Berangkat dari semua itu, kita berusaha untuk komunikasi dengan daerah lainnya. Karena tidak bisa langsung penunjukan dari PB FOKSI, tapi minimal ada persetujuan Pengprov FOKSI daerah lain, itu akan kita upayakan dekati agar mau memilih Bali sebagai host Pra PON," terang Sukawan Adika, yang baru saja terpilih pimpin FOKSI Bali. 

Sukawan Adika yang masih menjadi Ketum Pengkab FOKSI Badung menegaskan cabor Kabaddi di Indonesia itu sebenarnya berdiri di Bali. Sejarah itu tidak lepas setelah pengembangannya dari India, dan memang lebih dulu menyasar Bali. Sedangkan daerah lainnya baru berkembang di Indonesia, setelah cabor Kabaddi berkembang pesat.

"Melihat hal itu semestinya Pra PON di Bali, kita juga target juara umum pada babak kualifikasi nanti," harap Sukawan Adika. 

Sukawan Adika mengakui saat dipertandingkan secara ekshibisi di ajang PON XX/2021 di Papua, pesaing Bali waktu itu datang dari Lampung, dan Jawa Tengah. Dua daerah tadi memiliki atlet yang cukup handal dan potensial juga bersaing dengan atlet Kabaddi asal Bali. Kata dia, terlepas dari semua itu pihaknya optimis, atlet Kabaddi Bali mampu berada diatas atlet daerah rival. 

Menanggapi soal tim Kabaddi Pra PON Bali disebutkan telah menjalani test awal melibatkan atlet dari hasil pantauan Porprov Bali XV tahun 2022 pada November lalu. Tes awal itu dilaksanakan di GOR Lila Bhuana, Denpasar, pada akhir Desember 2022 lalu. Dalam perjalannya atlet Kabaddi Pra PON Bali dipandu pelatih Rizky Hadinata dan Rega Padmawan. 

"Kita baru berproses seleksi, jadi belum ada penentuan definitif, nanti begitu jadwal Pra PON keluar, baru kita putuskan tim definitif wakil Bali di babak kualifikasi," kata Sukawan Adika, yang juga sering jadi manajer tim Kabaddi Bali di berbagai kejuaraan internasional.dek

Komentar