nusabali

Kemendikbudristek Dorong Kemajuan Pendidikan Lewat Seni dan Budaya

  • www.nusabali.com-kemendikbudristek-dorong-kemajuan-pendidikan-lewat-seni-dan-budaya

YOGYAKARTA, NusaBali - Karnaval Merdeka Belajar 2023 dihelat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi kepada publik bahwa seni budaya ikut mendorong kemajuan pendidikan Tanah Air.

Demikian dikatakan Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra melalui keterangan tertulis dikutip Selasa (30/5). Menurut Mahendra, dari budaya, pendidikan terus dapat berkelanjutan sebab menyemangati masyarakat untuk tidak berhenti berkreasi pada setiap zamannya. 

“Kita punya kekayaan budaya yang sangat luar biasa, terdapat beragam makna yang relevan dengan keadaan sekarang dan masa depan dalam memicu praktik baik di masyarakat," katanya. 

Karnaval Merdeka Belajar berlangsung di Yogyakarta pada Minggu 28 Mei 2023 malam di sepanjang ruas jalan titik 0 kilometer Yogyakarta. Berbagai pentas seni budaya menyemarakan acara tersebut, mulai dari tarian dan video mapping.

Kemudian dipadukan dengan penataan cahaya serta perangkat teknologi oleh ratusan pelaku seni, budayawan, pegiat pendidikan, maupun pelajar. 

Karnaval ini, kata Mahendra, bentuk kolaborasi ratusan pelaku seni dan budaya, pelaku pendidikan dan pelajar. Selain itu, juga melibatkan banyak pihak seperti penata acara dan tim multimedia. Kolaborasi dalam sebuah keberagaman dipertontonkan dalam karnaval tersebut.

"Kita sangat mengapresiasi komunitas dan pelaku budaya dan seni yang mempunyai visi, misi, dan tak berhenti berjuang memajukan kekayaan daerahnya. 

Mereka memproduksi dan mendistribusikan literasi media melalui kegiatan kreatif, mengorganisir kolaborasi antara profesional dan warga, lalu membangun kesadaran kebudayaan tingkat lokal," ujarnya.

Sementara itu, Anter Asmorotedjo, koreografer lokal yang ikut ambil bagian dari karnaval mengungkapkan program merdeka belajar menjadi semangat dan motivasi baru di dunia pendidikan Tanah Air. Sedangkan, melalui karnaval ini dapat memberikan inspirasi tentang makna merdeka belajar kepada masyarakat.
 
“Apalagi, kebetulan acaranya di Yogyakarta sebagai kota pusat pendidikan, pasti banyak orang yang melihat dan akan termotivasi dari melihat pertunjukan seni budaya ditampilkan,” kata Anter.

Menurut Anter, koreografi yang ditampilkan menggambarkan era perjalanan masa pendidikan di Indonesia sejak masa kuno hingga saat ini. Dikaitkan dengan program merdeka belajar. “Acara ini diharapkan dapat berkesan dan menginspirasi kepada banyak orang. Dapat mengenal lebih jauh tentang budaya dan belajar di Indonesia,” katanya.

Karnaval Merdeka Belajar 2023 sendiri dimulai dari titik nol kilometer Yogyakarta. Adapun pemilihan titik lokasinya menunjukkan simbol wajah silang budaya Nusantara sekaligus lokasi pertama kota pendidikan di Indonesia.

Kegiatan ini bagian dari puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional 2023 sebagai ajang kebersamaan di ruang publik untuk mengembangkan kemandirian anak bangsa dengan cara memamerkan berbagai kreativitas sekaligus metode edukasi melalui pentas seni budaya yang diharapkan melahirkan talenta muda potensial. 7

Komentar