nusabali

THE Rilis 10 Kampus Terbaik di Indonesia, Unud Tak Masuk

  • www.nusabali.com-the-rilis-10-kampus-terbaik-di-indonesia-unud-tak-masuk

JAKARTA, NusaBali - Times Higher Education (THE) yang merupakan salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi internasional merilis daftar kampus-kampus terbaik di Indonesia saat ini.

Tolok ukur pemeringkatan tersebut dilihat dari 17 poin Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Dikutip dari detikEdu, dDengan tajuk "THE Impact Rankings", Times Higher Education menggunakan indikator yang dikalibrasi untuk memberikan perbandingan komprehensif dan seimbang di empat bidang besarnya, yakni penelitian, penatalayanan, penjangkauan, dan pengajaran.

THE Impact Rankings 2023 sendiri adalah edisi kelima yang dirilis THE.Peringkat keseluruhan mencakup 1.591 universitas dari 112 negara atau wilayah. Secara umum, banyak universitas di dunia berkembang pesat setiap tahun dengan menunjukkan komitmen untuk mencapai SDG.

Impact Rankings memungkinkan perguruan tinggi untuk menunjukkan peningkatan yang cepat dari tahun ke tahun. Contohnya, dengan memperkenalkan kebijakan baru yang jelas, atau memberikan bukti kemajuan yang lebih jelas dan lebih terbuka, seperti dikutip dari laman laman resmi Times Higher Education.

Mengutip laman resminya, berikut ini indikator penilaian THE Impact Rankings 2023. Pertama yaitu No poverty (tanpa kemiskinan), Zero hunger (tanpa kelaparan), Good health and well-being (kesehatan dan kesejahteraan yang baik), Quality education (kualitas pendidikan), Gender equality (kesetaraan gender), Clean water and sanitation (air bersih dan sanitasi).

Kemudian, Affordable and clean energy (energi bersih dan terjangkau), Decent work and economic growth (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi), Industry innovation and infrastructure (industri, inovasi, dan infrastruktur), Reduced inequalities (mengurangi ketimpangan), Sustainable cities and communities (kota dan komunitas yang berkelanjutan), Responsible consumption and production (konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab), Climate action (aksi pemeliharaan iklim), Life below water (kehidupan di bawah air), Life on land (kehidupan di darat), Peace, justice, and strong institutions (perdamaian, keadilan, dan kelembagaan yang kuat), Partnerships for the goals (kemitraan).

Dari hasil penilaian, berikut ini sederet universitas di Indonesia yang masuk peringkat terbaik di THE Impact Rankings 2023. Di antara daftar tersebut, tak ada Universitas Udayana (Unud), kampus terbesar di Bali. 7


10 Universitas Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2023

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Airlangga (Unair)
3. Universitas Gadjah Mada (UGM)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Institut Teknologi Bandung (ITB)
6. Universitas Diponegoro (Undip)
7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
9. Universitas Hasanuddin (Unhas)
10. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Komentar