nusabali

Padudusan Alit Pura Kahyangan Prajapati Kaler Desa Adat Ubung

Usai Direstorasi, Seluruh Biaya Hasil Swadaya

  • www.nusabali.com-padudusan-alit-pura-kahyangan-prajapati-kaler-desa-adat-ubung
  • www.nusabali.com-padudusan-alit-pura-kahyangan-prajapati-kaler-desa-adat-ubung
  • www.nusabali.com-padudusan-alit-pura-kahyangan-prajapati-kaler-desa-adat-ubung

DENPASAR, NusaBali - Pasca restorasi, Pura Kahyangan Prajapati di wewidangan Desa Adat Ubung, Denpasar Utara langsung digelar upacara padudusan alit bertepatan dengan Purnama Sadha dan Tumpek Landep pada Saniscara Kliwon Landep, Sabtu (3/6). Upacara tersebut digelar untuk menyucikan kembali tempat dan palinggih yang selesai direnovasi.

Pamucuk Prajuru Kahyangan Prajapati Kaler I Dewa Kompyang Gede, mengemukakan upacara ini merupakan puncak padudusan alit, karena ada perbaikan beberapa palinggih dan pelebaran pura yang sebelumnya sudah mengalami beberapa kerusakan dengan tempat yang cukup sempit.
 
Pura Kahyangan Prajapati Kaler dilakukan pelebaran ke arah selatan. Ditambah pembuatan bale gong dan perehaban Palinggih Ida Bhatara Ratu Ayu. 

“Ini dikerjakan selama empat bulan dengan anggaran murni dari hasil sewa lahan pasar ditambah dengan sumbangsih swadaya masyarakat. Kekurangannya ini dilakukan swadaya sebagai punia perehaban Pura Prajapati Kaler,” ujar Dewa Kompyang. 

Menurut Dewa Kompyang, rangkaian padudusan alit ini berlangsung dari 1 Juni 2023 dengan melaksanakan upacara pemelaspasan. Upacara diawali dengan Ngias Ida Betara, mamuket, ngabejiang, pacaruan, nyakap karang, nyemek ngerapuh, melaspas lan sakluwirnyane, ngayabin soang soang caru atau upakara, ngunggahan yasa.


Pada 2 Juni 2023 dilaksanakan pakemitan, ngias Ida Betara lan katuran soda, ngunggahin upakara patirtan, ngamargiang pakemitan. Pada 3 Juni 2023 merupakan puncak acara dengan melaksanakan Ngias Ida Betara, Ngabejiang, Ngunggahan Yasa, Mendak ring panggung Ida Betara Ring Dalem, Ida Betara Ring Banjar Sari lan Ida Betara Ring Pura Taman, lunge nyujur Pura Prajapati Kaler, Ngaturang Patirtan Padudusan, dan Ngayabin Banten Padudusan Soang soang Palinggih.

Padudusan alit ini dipuput oleh Ida Rsi Nabe Bujangga Waisnawa Oka Widnyana dari Gria Yadnya Sari Ubung. Setelah puncak acara, Ida Bhatara akan disineb tiga hari setelahnya yakni pada Selasa (6/6). “Saat prosesi panyineban juga akan dilakukan napak pertiwi untuk palinggih yang baru direnovasi yakni Palinggih Ida Bhatara Ratu Ayu,” imbuhnya. 

Bendesa Adat Ubung I Made Jiesna mengapresiasi kegiatan yang dilakukan pangempon Pura Prajapati Kaler. Terlebih lagi, proses restorasi yang dilakukan hingga upacara padudusan alit ini dengan biaya swadaya. 

Itu artinya, menurut dia, krama masih mengutamakan gotong royong. Hal ini harus dipelajari oleh generasi berikutnya untuk dijadikan pedoman. 7 mis

Komentar