nusabali

ISA World Surfing Games 2023, Rio Waida Lolos ke Putaran Dua

  • www.nusabali.com-isa-world-surfing-games-2023-rio-waida-lolos-ke-putaran-dua

JAKARTA, NusaBali - Atlet selancar ombak Indonesia asal bali Rio Waida lolos ke putaran kedua kualifikasi Olimpiade Paris 2024  di ISA World Surfing Games 2023 di El Salvador.

Dalam lomba yang disiarkan Asosiasi Surfing Internasional (ISA), Kamis (1/6) malam, Rio melawan tiga peselancar, yakni Gonzalo Gutierrez (Spanyol), Carlos Escobar (Guatemala), dan Jared Gogue (Guam).

Berkompetisi di Heat 31, Rio, yang mengenakan jersey warna biru, tampil mengesankan sejak awal dimulainya perlombaan. Peselancar keturunan Indonesia-Jepang itu berhasil memanfaatkan dengan baik kesempatan mendapatkan ombak untuk unggul di Heat 31 tak kurang dari lima menit perlombaan dimulai.

Tidak lama berselang, Rio kembali mencoba mencetak angka dengan menunjukkan kekuatannya dalam menguasai ombak yang dipermanis dengan teknik air reverse -- meluncur ke udara dan landing dengan mulus. Alhasil, usahanya itu diganjar nilai tinggi dari juri.

Rio mengumpulkan total nilai 13.60 dari dua catatan nilai ombak terbaiknya 6.93 dan 6.67. Angka tersebut membuat wakil Indonesia dalam Olimpiade Tokyo itu memimpin Heat 31.

"Strategi saya adalah saya mengayuh dengan keras. Hanya 20 menit, tidak ada banyak waktu, saya hanya membuat diri saya tetap sibuk, dan melakukan apa yang dapat saya lakukan," kata Rio, usai perlombaan.

"Mungkin saya mendapatkan ombak yang bagus, tapi mungkin juga saya melakukan surfing yang cukup baik hari ini,"kata Rio lagi. 

Pada ISA World Surfing Games 2022 di Huntington Beach, California, AS, September lalu, Rio meraih medali perak. Dia nyaris mengamankan satu slot putra di Olimpiade Paris 2024 setelah menempati peringkat kedua pada babak final.

Selain melalui ISA World Surfing Games, Rio, yang debut di World Surfing League Championship Tour (CT) tahun ini, berkesempatan lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dengan finis di 10 besar liga selancar dunia tersebut pada akhir musim, September nanti.

Dalam ISA World Surfing Games 2023, lima peselancar Indonesia lainnya, yakni Hairil Anwar, I Ketut Agus, Lidia Kato, Taina Angel, dan Kailani Johnson, juga berjuang mengejar tiket Olimpiade Paris 2024. 

Hairil Anwar, Lidia Kato, dan Taina Angel  lebih dulu mengamankan tempat di putaran kedua setelah lolos dari putaran pertama. ant

Komentar