nusabali

Basket Kursi Roda 3x3 Kandas, Komang Suparta Dkk Berharap Nomor 5x5

  • www.nusabali.com-basket-kursi-roda-3x3-kandas-komang-suparta-dkk-berharap-nomor-5x5

JAKARTA, NusaBali - Tim bola basket kursi roda 3x3 yang diperkuat atlet asal Bali, I Komang Suparta kandas di penyisihan ASEAN Para Games 2023 Kamboja.

Mereka gagal maju ke babak berikutnya, setelah menelan empat kekalahan. Setelah kalah dari Filpina 5-11, Komang Suparta dkk digebuk Malaysia 9-11 melalui sudden death.  

"Skor kami sama-sama 9 saat pertandingan berakhir selama 10 menit. Setelah itu, dilakukan perpanjangan waktu. Siapa yang lebih dulu meraoh poin mereka yang menang," ujar Pelatih Basket Kursi Roda, Fajar Brillianto, Jumat (2/6) malam.

Di pertandingan ketiga, Komang Suparta dkk kalah lagi saat lawan Thailand, dengan skor 5-19. Terakhir bertemu tuanrumah Kamboja, juga kalah dengan skor tipis 9-10. 

Padahal, kata Fajar, saat bertanding di APG Indonesia 2022, mereka mengalahkan Kamboja. Menurut Fajar, Kamboja sebagai tuan rumah APG 2023, mereka mendapat dukungan penuh dari penonton. Hasilnya, mereka mengalahkan Indonesia. 

"Dari awal quarter, kami tertinggal dari Kamboja. Kami berusaha mengejarnya, tetapi waktu habis dengan selisih satu point," terang Fajar. 

Fajar sebenarnya berharap besar anak didiknya memetik kemenangan dari Kamboja. Dengan begitu, peluang mereka terbuka melaju ke babak berikutnya untuk memperebutkan medali perunggu. Sayang, karena kurang fokus dan faktor mental yang baru pertama kali bertanding ke luar negeri membuat mereka gagal mengalahkan Kamboja.

"Saat APG 2022 Jateng, kami menang jauh dari mereka," ucap Fajar. Secara keseluruhan, Fajar menilai, tim basket kursi roda kalah karena faktor mental dan kelelahan. Biasanya, dalam satu hari hanya ada dua pertandingan. Kali ini, satu hari empat kali pertandingan.

Hasil itu pun menjadi pelajaran bagi tim basket kursi roda agar ke depan lebih baik lagi. 

"Kami merasa kecewa dengan hasil ini, karena tidak bisa mempertahankan medali perunggu APG 2022 lalu. Namun, hasil ini harus kami terima," tegas Fajar.

Kini, kata Fajar, mereka harus fokus kembali menjalani pertandingan berikutnya. Sebab, tim basket kursi roda akan turun di nomor 5x5 pada Minggu (4/6). Fajar berharap di kategori tersebut meraih hasil lebih bagus dari 3x3.  k22

Komentar