nusabali

Depak Ekuador, Korsel Tantang Nigeria

Perempatfinal Piala Dunia U-20

  • www.nusabali.com-depak-ekuador-korsel-tantang-nigeria

BUENOS AIRES, NusaBali - Dua tim melengkapi komposisi delapan tim yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2023. Korea Selatan U-20 dan Uruguay menjadi dua tim terakhir yang lolos ke perempat final.

Korsel ke perempatfinal setelah mendepak Ekuador U-20, dan Uruguay melibas tim penuh kejutan, Gambia, Jumat (2/6) dinihari WITA. 

Korea Selatan pun jadi satu-satunya wakil Asia yang ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2023. Pada perempatfinal, Korea Selatan akan menantang Nigeria dan Uruguay menghadapi Amerika Serikat (AS). Nigeria sendiri sebelumnya mengalahkan tuan rumah Argentina 2-0.

Pada laga 16 besar Piala Dunia U-20 2023, Korea harus berjuang mati-matian untuk mengamankan tiket ke perempatfinal. Mereka menang atas Ekuador dengan skor ketat 3-2. 

Tiga gol Korea Selatan dicetak Lee Young-jun (11’), Bae Joon-ho (19’), dan Choi Seok-hyeon (48’). Adapun gol Ekuador dilesakkan Justin Cuero (36', penalti), dan Oscar Zambrano (84'). 

Pertandingan benar-benar beelangsung alot. Korea sempat unggul 2-0, kemudian sempat menjadi 3-2 saat menjelang akhir laga. Namun, Korea berhasil mencegah Ekuador menambah satu gol lagi di akhir laga.  

Sementara itu, Uruguay memupus harapan Gambia melanjutkan kiprah cemerlang di Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya Gambia lolos ke 16 besar sebagai juara Grup F tanpa terkalahkan, dan menundukkan Prancis. 

Gol tunggal kemenangan Uruguay dicetak Anderson Duarte pada menit ke-65. Pertandingan tersebut berlangsung panas, dengan diwarnai dua kartu merah, masing-masing untuk Uruguay dan Gambia.

Pemain Gambia Mansour Mbye mendapat kartu merah pada menit ke-17, sedangkan pemain Uruguay Luciano Rodriguez kena kartu merah pada menit 45. 

Dengan lolosnya Korsel dan Uruguay, delapan tim sudah memastikan diri lolos ke perempatfinal. Yakni, Israel, AS, Brasil, Kolombia, Nigeria, Italia, Uruguay, dan Korea Selatan. Di perempatfinal Israel akan menghadapi Brasil, Kolombia lawan Italia, 

Menariknya, Argentina selaku tuan rumah pengganti Indonesia sudah dipastikan takkan melanjutkan kiprah mereka di Piala Dunia U-20 2023 ini. Argentina tersingkir di babak 16 besar. *

Jadwal Delapan Besar 

Senin, 6 Juni 2023
01.30 WITA - Israel vs Brasil 
05.00 WITA - Kolombia vs Italia 

Selasa, 6 Juni 2023
01.30 WITA – Korsel vs Nigeria 
05.00 WITA – AS vs Uruguay

Komentar