nusabali

Parade Baleganjur Remaja Meriahkan Bulan Bung Karno di Denpasar

  • www.nusabali.com-parade-baleganjur-remaja-meriahkan-bulan-bung-karno-di-denpasar

DENPASAR, NusaBali - Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan menggelar Lomba Baleganjur Tingkat Remaja serangkaian peringatan Bulan Bung Karno 2023.

Parade ini dibuka Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara ditandai dengan pemukulan kendang, di panggung terbuka Lapangan Puputan Badung Gusti Ngurah Made Agung, Kamis (1/6) malam.

Walikota Jaya Negara berharap, kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas dan aktivitas seni kreatif inovatif di kalangan generasi muda.

Parade baleganjur remaja tahun ini juga dikaitkan dengan perayaan hari lahir Pancasila yang merupakan implementasi dari salah satu ‘Tri Sakti Bung Karno’, yaitu, berkepribadian dalam kebudayaan. Keragaman seni, budaya, adat istiadat serta kearifan lokal lainnya merupakan modal utama untuk membangun bangsa yang kokoh.


“Parade baleganjur remaja ini bertujuan sebagai ajang pembinaan dan pelestarian kesenian tradisional dalam rangka mewujudkan kota kreatif menuju Denpasar Maju. Ajang ini juga menjadi sarana evaluasi dari semua pembinaan sekaa baleganjur yang ada di Kota Denpasar,” kata Walikota Jaya Negara.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar Raka Purwantara mengatakan, parade ini dilaksanakan selama 2 hari, 1–2 Juni 2023, di panggung terbuka areal Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung. Acara pembukaan diisi seni inagurasi berjudul ‘Jayaning Garuda’ oleh Sekaa Gong Panca Sanak Denpasar.

Peserta parade tahun ini diikuti oleh 15 sekaa, dan masing-masing sekaa berjumlah sebanyak 30 orang, terdiri atas 21 orang penabuh, 8 orang juru tegen, dan 1 orang pembawa papan nama sekaa. Mereka dibagi menjadi dua grup penampilan. Hari pertama 8 sekaa dan hari kedua 7 sekaa sebunan.


Beberapa unsur menjadi dasar pengamatan meliputi, teknik (gegedig dan tetekep), ide dan gagasan, struktur meliputi komposisi (pangawit, pangawak, pangecet), kreativitas (pengembangan musikalitas dan originalitas garapan),  serta penampilan (ekspresi, gerak, dan tabuh).

Dikatakannya, di samping sebagai ajang pelestarian dan pengembangan, parade baleganjur remaja tahun ini juga sebagai ajang seleksi untuk menyiapkan duta Kota Denpasar pada pelaksanaan lomba baleganjur di Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun depan. Selain juga menjadikan ajang ini sebagai wadah untuk pengembangan seni musik tradisional baleganjur yang semakin inovatif dan aktraktif yang sangat disukai oleh generasi muda. 

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua MDA Denpasar Anak Agung Ketut Sudiana, Ketua PHDI Denpasar Made Arka, pimpinan OPD, dan unsur terkait lainnya. 7 bin

Komentar