nusabali

Sambut Tumpek Ladep, Pratisentana Bendesa Manik Mas Sucikan Pusaka

  • www.nusabali.com-sambut-tumpek-ladep-pratisentana-bendesa-manik-mas-sucikan-pusaka

MANGUPURA, NusaBali.com - Menyambut rahina Tumpek Landep, Sabtu (3/6/2023), Pratisentana Bendesa Manik Mas melaksanakan upacara penyucian pusaka-pusaka suci yang sebelumnya dipegang oleh beberapa kepala keluarga di Pasemetonan Bendesa Manik Mas.

Acara penyucian pusaka pada Jumat (2/6/2023) ini dihadiri oleh Ida Anak Agung Ngurah Agung Damar Negara. Tidak hanya hadir, namun putra dari Ida Cokorda Pemecutan XI ini juga turut serta melakukan penyucian beberapa pusaka di Jalan Ulun Suwi Jimbaran tersebut.

Dalam waranugraha pawacanannya, Anak Agung Ngurah Agung Damar Negara meminta kepada warga pemegang pusaka-pusaka tetap melestarikan pusaka dengan melaksanakan pembersihan dan penyucian secara berkala.

Sejumlah pusaka yang dibersihkan adalah keris disungsung oleh keluarga Bendesa Manik Mas Jimbaran. “Keris tersebut dibuat pada era Gelgel,” terang Nyoman Sudiartha dari Perkumpulan Pelestarian Keris Nusantara.

Keris-keris tersebut antara lain berupa keris luk 17 Ngamper Bhuta Indra Kusuma. Lalu ada keris lurus sempaner pamor kinurung yang diyakini bersal dari zaman Majapahit. Ada juga  Keris Lurus Kidang Mas Pamor Wos Wutah atau bas membah  serta dua tombak dan satu tulup.

Pembersihan dan penyucian keris ini akan dilanjutkan dengan pelaksanaan persembahyangan Tumpek Landep pada Saniscara Keliwon Landep, Sabtu (3/6/2023). *win

Komentar