nusabali

Cuaca saat Trisuci Waisak 2567 TB Diprediksi Cerah Berawan

  • www.nusabali.com-cuaca-saat-trisuci-waisak-2567-tb-diprediksi-cerah-berawan

MANGUPURA, NusaBali.com - Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi cuaca di wilayah Bali cerah berawan saat Perayaan Trisuci Waisak 2567 TB pada Minggu (4/6/2023) mendatang.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho menerangkan cuaca secara umum di wilayah Bali hingga Minggu (4/6/2023) mendatang akan cerah hingga berawan.

“Cuaca secara umum diprediksi cerah hingga berawan. Terdapat potensi hujan yang tidak merata di wilayah Bali bagian timur dan tengah,” ungkapnya pada Jumat (2/6/2023).

Lebih lanjut ia sebutkan, kecepatan angin berkisar antara 4 hingga 38 kilometer per jam. Sementara, soal tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.5 sampai 1.5 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1 sampai 2.5 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 sampai 2.5 meter dan di selat Lombok berkisar antara 0.5 sampai 2.5 meter.

Kondisi cuaca secara umum saat ini, terang Cahyo diprediksi cerah hingga berawan, namun masih terdapat potensi hujan ringan tidak merata dapat terjadi di wilayah Bali bagian timur. Sementara suhu udara berkisar antara 22 hingga 33 derajat celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 60 hingga 95 persen. Angin umumnya bertiup dari arah Timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4 hingga 35 kilometer per jam.

Namun tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar antara 0.5 hingga 2 meter, di perairan selatan Bali berkisar antara 1 hingga 3 meter, di selat Bali berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter dan di selat Lombok berkisar antara 0.5 hingga 2.5 meter.

“Kondisi ini secara umum disebabkan oleh suhu muka laut di sekitar wilayah Bali umumnya berkisar antara 26 hingga 30 derajat celcius. Serta karena massa udara basah terkonsentrasi dari lapisan permukaan hingga lapisan 850 mb atau 1.500 meter,” terangnya.

Berikut ulasan perkiraan cuaca saat Perayaan Trisuci Waisak 2567 TB pada Minggu (4/6/2023) mendatang, di wilayah Bali yang telah NusaBali.com rangkum dari data BMKG Wilayah III Denpasar:

• Amlapura: pagi hari berawan dan siang hingga dini hari cerah berawan

• Bangli: pagi, malam, dan dini hari berkabut, sedangkan siang hari berawan

• Denpasar: sedari pagi hingga dini hari berawan

• Gianyar: pagi hari hujan ringan, siang dan malam hari berawan, serta pada dini hari berawan tebal

• Mengwi: sedari pagi hingga dini hari berawan

• Negara: pagi hari cerah, siang dan dini hari berawan, sedangkan malam hari cerah beawan

• Semarapura: pagi hari hujan ringan, siang dan malam hari berawan, serta pada dini hari berawan tebal

• Singaraja: pagi, siang dan dini hari cerah, sedangkan malam hari cerah berawan

• Tabanan: pagi dan dini hari berawan, siang hari hujan ringan, dan malam hari berawan tebal

Meski demikan, Cahyo menerangkan agar masyarakat tetap waspada akan potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 1.0 meter atau lebih di selat Bali bagian selatan, selat Badung, selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia Selatan Bali.

“Masyarakat umum, nelayan dan pelaku kegiatan wisata Bahari harus mewaspadai potensi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di sekitar perairan selatan Bali dan agar selalu memerhatikan informasi BMKG khususnya peringatan dini cuaca atau iklim,” pungkasnya. *ris

Komentar