nusabali

Hadiri HLUN, Rai Wahyuni Sanjaya Dukung Semangat Lansia Membangun Tabanan

  • www.nusabali.com-hadiri-hlun-rai-wahyuni-sanjaya-dukung-semangat-lansia-membangun-tabanan
  • www.nusabali.com-hadiri-hlun-rai-wahyuni-sanjaya-dukung-semangat-lansia-membangun-tabanan

TABANAN, NusaBali - Ketua PKK Tabanan Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke -27 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Rabu (30/5).

Kegiatan yang diprakarsai Yayasan Werdha Sejahtera Cabang Tabanan ini berlangsung semarak karena para lansia yang hadir diajak meliang-liang (bergembira). 

Bahkan dalam kesempatan itu Rai Wahyuni Sanjaya juga menyerahkan sejumlah bantuan simbolis berupa kursi roda. Dia pun selaku pembina lansia di Tabanan meminta seluruh stakeholder dan keluarga wajib memberikan perlindungan dan pemenuhan hak para lansia. Sebab dari data lansia di Tabanan tercatat berjumlah 63.833 orang. 

Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan, lansia adalah kaum rentan. Masanya dari segi fisik sudah menurun, sehingga di usianya mereka yang sudah senja seluruh insan harus memberikan perlindungan dan pemenuhan hak mereka. "Lanjut usia merupakan kaum rentan sehingga sangat diperlukan suatu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak lanjut usia," pintanya. 

Untuk itu dengan kegiatan HLUN yang digagas langsung Yayasan Werdha Sejahtera sangat diapresiasi. Dari kegiatan ini akan lahir gagasan dan ide untuk tetap memberikan partisipasi lansia dalam pembangunan Tabanan. "Kami sangat mengapresiasi gerakan para lansia dalam kontribusinya memajukan Tabanan, melalui sumbangsih pemikiran, ide-ide dan selalu aktif saling bersinergi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri. Sudah barang tentu akan terus mendapat dukungan dan perhatian dari kami selaku TP PKK di Kabupaten Tabanan dan Bapak Bupati selaku Pemerintah Daerah," katanya. 

Untuk diketahui Yayasan Werdha Sejahtera cabang Tabanan merupakan salah satu yayasan yang bergerak di bidang sosial khususnya lanjut usia sebagai wadah untuk memfasilitasi dan sebagai penghubung antara anggota lansia dan pemerintah. 


Ketua Panitia Yayasan Werdha Sejahtera Cabang Tabanan Sri Malini mengatakan lansia yang tergabung dalam yayasan berjumlah 156 orang. Terdiri dari Ibu rumah tangga, pensiunan guru SD dan SMP, pensiunan dokter, bidan dan perawat serta pensiunan PNS. 

“Kegiatan kami seperti pelaksanaan senam rutin 3 kali dalam seminggu juga kegiatan sosial memberikan bantuan sembako yang dikumpulkan dari anggota kepada senior di panti jompo, ODGJ yang ada di Wanasari, kami juga melakukan tirta yatra hingga sampai ke luar Bali," beber Sri Malini. 

Sementara itu kegiatan yang dihadiri Sekda Tabanan Gede Susila mewakili Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya dalam sambutanya menyebutkan, peringatan HLUN penting dilaksanakan untuk menciptakan dan mempertahankan partisipasi lanjut usia, untuk pembangunan inklusif dan maju dalam segala bidang. "Sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial, khususnya bagi para kaum lansia, diharapkan mampu mandiri dalam segala aspek kegiatan” ujarnya. 

Menurutnya dengan mengambil tema 'Lansia Terawat Indonesia Bermartabat' yayasan yang berkolaborasi dengan Dinas Sosial P3A Kabupaten Tabanan merupakan salah satu pemenuhan hak dan perlindungan bagi lanjut usia, maka pemerintah daerah bersama-sama dengan Yayasan Werdha Sejahtera telah berupaya semaksimal membantu lanjut usia untuk melakukan kegiatan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 Tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. 

Dalam peringatan tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Tabanan Masa Bakti 2023-2028, serta penyerahan bantuan kursi roda dan sembako oleh Ketua TP PKK Tabanan secara simbolis kepada para lansia. 

Di kesempatan itu, Rai Wahyuni Sanjaya juga ikut meliang-liang, bernyanyi bersama dengan para lansia dengan nuansa yang penuh suka cita. @des

Komentar