nusabali

Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Implementasikan Nilai-nilai Pancasila

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-ajak-masyarakat-implementasikan-nilai-nilai-pancasila

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung, Kamis (1/6) pagi.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dibacakan Bupati Suwirta menyampaikan, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara. 

Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. “Mari bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita,” ujar Bupati Suwirta membacakan amanat Presiden Joko Widodo. Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.


Bupati Suwirta menambahkan, lahirnya Pancasila merupakan pikiran besar dari Presiden Soekarno pada 1 Juni 1945. Sila yang terkandung dalam Pancasila merupakan pondasi kuat dalam melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. “Mari masyarakat Klungkung implementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dengan melakukan hal-hal yang sederhana, seperti membina kerukunan dan hal lainnya. Hal-hal sederhana tersebut dapat membuat NKRI maju, tentram, dan damai,” ujar Bupati Suwirta.

Hadir, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Ketua DPRD Klungkung Anak Agung Gde Anom, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny Ayu Suwirta, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Smara Putra, Forkompinda Kabupaten Klungkung, serta undangan lainnya. @ wan

Komentar