nusabali

Persiapan Waisak 2567 BE, Polres Tabanan Sambangi Vihara Dharmacattra

  • www.nusabali.com-persiapan-waisak-2567-be-polres-tabanan-sambangi-vihara-dharmacattra

TABANAN, NusaBali.com – Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2567 Buddhis Era bakal jatuh pada Minggu (4/6/2023) mendatang. Vihara Dharmacattra di Desa Delod Peken, Tabanan menjadi satu dari banyak tempat ibadah umat Buddha yang akan merayakan.

Guna memastikan keamanan perayaan Waisak di tahun kabisat lunar ini, Polres Tabanan yang dipimpin langsung Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes menyambangi vihara di tengah Kota Tabanan ini, Rabu (31/5/2023).

Kedatangan Leo disambut oleh dua pengurus Vihara Dharmacattra yakni Liem Surya Adinata dan Gatot Gunawan. Sembari berbincang, Kapolres Tabanan memastikan detik-detik perayaan Waisak bisa berjalan aman, tertib, dan khidmat.

“Hari ini kami bersilaturahmi untuk memastikan keamanan dan sistem pengamanan perayaan Hari Suci Waisak tahun 2023,” kata Leo di sela meninjau beberapa titik di vihara yang juga jadi ikon Kota Tabanan.

Mengingat perayaan Waisak di Vihara Dharmacattra telah berlangsung dari tahun ke tahun dan bukan untuk kali pertama, Kapolres Tabanan berharap masyarakat senantiasa menjaga kebinekaan.

Semenatara itu, perwakilan Vihara Dharmacattra Gatot Gunawan menerima dengan pintu terbuka atas kedatangan Kapolres Tabanan yang baru sekitar dua bulan lebih menjabat.

Pihak vihara pun sudah membeberkan detail dan tatanan perayaan Tri Suci Waisak di pusat ibadah umat Buddha Kota Tabanan di Jalan Melati Nomor 18, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan itu.

“Kami senantiasa mendukung apa yang telah menjadi komitmen Polres Tabanan dalam menjaga keamanan dan kondusivitas. Demikian pula dengan giat pengamanan Hari Waisak nanti,” ungkap Gunawan.

Pihak vihara mengaku bakal terus berkoordinasi dengan Bhabinkamtibmas Desa Delod Peken menghitung hari mendekati puncak Waisak.

Untuk diketahui, Hari Suci Waisak pada tahun 2023 sedikit berbeda. Menurut Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI, 2567 BE merupakan tahun kabisat lunar sehingga dijumpai bulan Waisak ganda.

Berdasarkan penghitungan luni-solar, diambillah Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada Minggu mendatang sekitar pukul 10.41.19 WIB. *rat

Komentar