nusabali

Bangkai Lumba-lumba Terdampar di Cupel

  • www.nusabali.com-bangkai-lumba-lumba-terdampar-di-cupel

NEGARA, NusaBali - Bangkai lumba-lumba kembali terdampar di perairan Kabupaten Jembrana. Teranyar, seekor bangkai mamalia laut yang dilindungi pemerintah ini ditemukan terdampar di pinggir Pantai Cupel, Desa Cupel, Kecamatan Negara, Selasa (30/5) siang.

Dari informasi, bangkai lumba-lumba ini ditemukan warga pada sekitar pukul 11.00 Wita. Temuan bangkai lumba-lumba yang dalam kondisi membusuk itu langsung dilaporkan warga ke pihak kepolisian dan diteruskan ke petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Petugas BKSDA yang datang ke lokasi memperkirakan lumba-lumba tersebut sudah mati antara dua atau tiga hari sebelumnya ditemukan, kemarin. Bangkai lumba-lumba tersebut, diperkirakan adalah jenis hidung botol (Tursiops truncatus) atau sama seperti jenis bangkai lumba-lumba yang terdampar di Pantai Tembles, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, pada akhir April lalu.


“Panjangnya sekitar 193 centimeter dan lingkar tubuh sekitar 120 centimeter. Jenis kelamin jantan. Lumba-lumbanya sudah mulai membusuk, mungkin sudah mati sekitar dua atau tiga hari lalu, dan akhirnya terdampar siang tadi (kemarin),” kata petugas BKSDA Resort Jembrana Ahmad Januar.

Karena kondisi sudah membusuk, Ahmad Januar menyatakan tidak ada nekropsi (pembedahan) atau pengambilan sampel organ dalam terhadap bangkai lumba-lumba tersebut. Namun pihaknya ada mengambil sampel berupa sirip dan gigi bangkai lumba-lumba itu untuk mengetahui secara jelas jenis lumba-lumba tersebut.

Selanjutnya untuk mencegah pencemaran ataupun bau busuk, bangkai lumba-lumba itu langsung dikubur di sekitar lokasi penemuan. “Segara kami kubur,” ucap Ahmad Januar. 7 ode

Komentar