nusabali

Siswa SMPN 1 Semarapura Belajar Buat Serombotan

  • www.nusabali.com-siswa-smpn-1-semarapura-belajar-buat-serombotan

SEMARAPURA, NusaBali - Siswa SMPN 1 Semarapura, Klungkung, praktik membuat sayuran khas Klungkung, serombotan di halaman sekolah, Selasa (30/5).

Kasek SMPN 1 Semarapura I Nyoman Karyawan mengatakan, kegiatan ini merupakan projek penguatan Profil Pelajar Pancasila-Kearifan Lokal (Tema Lestarikan Budaya Lokalku). Tujuannya membentuk insan yang kreatif dan inovatif dalam menumbuhkan semangat melestarikan budaya lokal.


Ada pun dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni kreatif, mengembangkan kreativitas yang dimiliki dari sudut pandang berbeda dalam mengolah makanan atau kuliner tradisional. “Salah satunya siswa praktik membuat serombotan,” ujar Karyawan. Selain itu, dalam Profil Pelajar Pancasila juga terdapat dimensi gotong royong, di mana siswa mampu bekerja sama dengan orang lain dalam berkreativitas.

Hasil projek praktik langsung membuat sajian makanan tradisional secara berkelompok untuk melatih siswa dalam mengembangkan jiwa enterpreneur (wirausaha). Tindak lanjutnya adalah tercipta foodpreneur agar para siswa mampu mengolah dan mengembangkan potensi dalam mengolah makanan tradisional dengan citarasa yang digemari banyak orang. 7 wan

Komentar