nusabali

Perumda Air Minum Diminta Optimalisasi Pelayanan

  • www.nusabali.com-perumda-air-minum-diminta-optimalisasi-pelayanan

Bupati Suwirta perintahkan pasang CCTV di sumber air untuk memantau kondisi air di bak penampungan.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menggelar rapat evaluasi terkait optimalisasi pelayanan air minum di ruang rapat Kantor Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Panca Mahottama, Klungkung, Senin (29/5) siang. 

Optimalisasi ini mulai dari Mata Air Segening Kecamatan Nusa Penida dengan kapasitas produksi 3 liter/detik untuk 300 sambungan rumah (SR) masih belum beroperasi. Penyebabnya, mesin pompa beberapa kali tersambar petir. 

Bupati Suwirta perintahkan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Klungkung dan Perumda Air Minum berkoordinasi memasang penangkal petir dan secepatnya memasang mesin pompa baru. “Sehingga air tidak mubasir dan bisa dinikmati warga,” ujar Bupati Suwirta. Demikian pula Mata Air Penida yang memiliki kapasitas produksi 50 liter/detik untuk 5.000 SR harus secepatnya disalurkan. 


Selama ini Perumda Air Minum terlalu lama berkutat dalam membuat kajian/masterplan. Jika ingin melakukan penggantian pipa induk, segera melapor agar bisa langsung perintahkan Dinas PUPRPKP. “Air sudah ada, jangan sampai air tidak tersalurkan karena masih berkutat di intern,” pinta Bupati Suwirta. Terkait Mata Air Guyangan Kecamatan Nusa Penida dengan kapasitas produksi 20 liter/detik, Bupati Suwirta perintahkan Bappeda berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali Penida dan melakukan uji lapangan untuk memastikan kapasitas pompa dengan debit airnya.

Bupati Suwirta juga perintahkan memasang CCTV di lokasi sumber air untuk memantau kondisi air di bak penampungan dan mengoptimalkan jam penggunaan pompa air yang sudah terpasang. Sedangkan, di wilayah Nusa Ceningan, Bupati Suwirta tugaskan Perumda Air Minum untuk mengoptimalkan rencana debit air SWRO (Sea Water Reverse Osmosis). 7 wan

Komentar