nusabali

Besok, Pesawat Super Jumbo Mendarat

Personel di Bandara Ngurah Rai Ditambah

  • www.nusabali.com-besok-pesawat-super-jumbo-mendarat

Kedatangan pesawat super jumbo dipastikan tidak akan menganggu jam operasional bandara maupun operasional penerbangan lainnya.

MANGUPURA, NusaBali
Angkasa Pura (AP) I bersiap menyambut kedatangan pesawat super jumbo Airbus A380 milik maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Tuban, Kecamatan Kuta, Badung pada 1 Juni mendatang. AP I bersama stakeholder bandara bahkan sampai menambah personel di lapangan jelang kedatangannya, sebab diperkirakan pesawat akan mengangkut 460 penumpang.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan, menjelaskan pendaratan perdana pesawat terbesar di dunia dengan tipe A380 di Bandara Ngurah Rai dijadwalkan pada 1 Juni 2023. “Dari koordinasi terakhir, pesawat super jumbo itu akan tiba pada Kamis pukul 16.35 Wita,” jelasnya, Selasa (30/5) sore.

Sesuai dengan laporan yang diterima dari pihak maskapai, kata Handy, bahwa pesawat super jumbo itu menggunakan Airbus A380 dengan nomor penerbangan EK368 rute Dubai-Bandara Ngurah Rai. Pesawat tersebut mengangkut sekitar 460 penumpang. Pesawat yang sama kemudian berangkat dari Bandara Ngurah Rai ke Dubai pada pukul 19.40 Wita di hari yang sama dengan mengangkut 470 penumpang.

“Untuk penerbangan selanjutnya, kami mengharapkan lebih banyak lagi karena kapasitas sebenarnya pesawat tipe A380 tersebut maksimal sebanyak 600 penumpang,” rinci Handy.

Meski ini kali pertama Bandara Ngurah Rai menerima kedatangan pesawat super jumbo, namun Handy menegaskan tidak dikerahkan tenaga khusus untuk pengamanan, tetapi memang ada penambahan personel untuk pelayanan penerbangan ketika mendarat di Bandara Ngurah Rai. Tambahan personel tersebut merupakan persyaratan yang disiapkan oleh AP I, pihak maskapai Emirates, dan pihak dari ground handling. Sayangnya tak dirinci secara pasti total tambahan personel.

Handy juga memastikan mendaratnya pesawat terbang terbesar itu tidak akan menganggu jam operasional bandara maupun operasional penerbangan lainnya. Sebab semuanya sudah diatur dengan baik oleh stakeholder bandara.

Disinggung terkait lokasi parkir pesawat, Handy mengaku untuk penempatan atau parkir pesawat tipe tersebut juga telah ditentukan, yakni di parking stand A15. Disesuaikan dengan persyaratan yang dibutuhkan untuk pelayanan pesawat tipe A380, lantaran memiliki bentangan sayap 79,5 meter. 7 dar

Komentar