nusabali

Pra PON Kempo di Surabaya, Bali Bidik Tiga Emas

  • www.nusabali.com-pra-pon-kempo-di-surabaya-bali-bidik-tiga-emas

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Perkemi Bali menargetkan meraih tiga medali emas dalam ajang Pra PON cabang olahraga kempo pada 20-24 Agustus 2023 di Surabaya, Jawa Timur.

Optimisme penambahan medali dari awalnya hanya dua emas, dua perak dan satu perunggu di PON XX/2021 Papua, karena ada penambahan lima medali emas yang diperebutkan lagi. 

Menurut Waketum Pengprov Perkemi Bali Fredrik Billy, saat di PON Papua hanya memperebutkan 17 medali emas, tetapi dalam PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut memperebutkan 22 medali emas atau 22 nomor pertandingan. 

"Sebenarnya tidak ada penambahan jumlah medali emas, ini hanya pengembalian jumlah nomor yang sebelum tidak diakomodir di PON Papua, tapi di PON Aceh dan Sumut semua nomor diakomodir. Sebab, waktu di PON Papua kan ada pengurangan nomor," kata Fredrik Billy, yang juga Sekretaris DPC Peradi Denpasar, Senin (29/5). 

Fredrik Billy menegaskan penambahan nomor yang dipertandingkan tentu akan membuka kans kenshi Bali untuk meraih medali emas. Peluang medali itu sangat terbuka lebar, karena nomornya semakin banyak. 

"Makanya kita putuskan untuk menambah target medali, dari 2 medali menjadi 3 medali emas, baik di Pra PON dan PON sesungguhnya kita ingin amankan 3 medali emas," kata Fredrik Billy, yang juga Bidang Hukum dan Etika KONI Bali. 

Fredrik Billy mengatakan harapan untuk menambah medali emas itu ada diantara tambahan 5 nomor yang dipertandingkan. Meski begitu dia juga memahami, daerah lainnya juga mengincar tambahan medali di 5 nomor tersebut. Kata dia, terpenting nanti akumulatif meraih 3 medali emas dari 22 nomor yang dipertandingkan. Harapan kita dapat merealisasikan target, dan pada akhirnya kembali memberikan kontribusi positif untuk Kontingen Bali pada ajang pesta olahraga multi event empat tahunan antarprovinsi.

Sedangkan untuk atlet, diakui separuhnya ada atlet lama, dan setengahnya lagi ada atlet baru. Semua itu diharapkan mampu tampil maksimal, karena mereka dinilai sudah terbukti terbaik untuk mewakili Bali di ajang resmi nasional yakni Pra PON. Hal yang sama juga disampaikan Made Mandiyasa pelatih utama yang juga Ketua Bidang Teknik Shorinji Kempo Bali, bahwa target jumlah medali emas ditingkatkan lagi satu dari dua menjadi tiga medali emas. Untuk itu Perkemi Bali bakal menerjunkan sekitar 25 kenshi di Pra PON. dek

Komentar