nusabali

PDAM Pasang Pengatur Tekanan Air

  • www.nusabali.com-pdam-pasang-pengatur-tekanan-air

PDAM Gianyar berinovasi untuk peningkatan kualitas layanan. 

Cegah Boros Listrik dan Jaringan 

GIANYAR, NusaBali
Inovasi terbaru, manajemen teknik PDAM memasang speed driver (pengendali tegangan) listrik pada pompa. Fungsi alat ini, mengatur tegangan listrik pada pompa air, sekaligus menyeimbangkan tekanan air dengan kebutuhan konsumen.

Selasa (13/6) di Gianyar, Direktur Teknik PDAM Gianyar I Wayan Suastika menjelaskan, sistem kerja alat tersebut secara otomatis mengatur tegangan listrik. Pengaturan tegangan listriknya sesuai dengan tekanan air dari pompa. Saat tekanan air pada jaringan akan tinggi karena pemakai air sedikit, terutama tengah malam dan siang hari, maka tegangan listrik ke pompa akan menurun. Akibatnya, tekanan air akan teratur dan seimbang dengan tingkat kebutuhan air.

Manfaat alat ini, lanjut Suastika, pompa tak boros listrik. Jaringan air mulai dari tingkat primer hingga rumah tangga/konsumen, tak cepat rusak. Selama ini, tekanan air pada jam-jam puncak kosumsi air (pagi-sore)  dan tengah malam dan siang hari (non puncak), relatif sama. Akibatnya, pada jam-jam non puncak, sering terjadi pipa pecah/bocor hingga kran rusak.

Alat diujicoba di pompa PDAM  Blangsinga, Desa Saba, SD Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, sejak dua bulan lalu. Satu lagi di SD Sayan, Ubud, pemasangan baru lima hari lalu.

Dengan alat ini, pada pompa di SD Keramas, PDAM mendapatkan pengurangan biaya listrik sekitar Rp 5 juta/bulan. Alat ini masih uji coba dari distributor, dengan harga Rp 50 jutaan. ‘’Target, kami akan coba pasang alat ini pada tiga pompa lagi,’’ jelasnya. *lsa

Komentar