nusabali

Indonesia dan Malaysia, Satu Grup di Piala AFF U-23

  • www.nusabali.com-indonesia-dan-malaysia-satu-grup-di-piala-aff-u-23

JAKARTA, NusaBali - Dua musuh bebuyutan, Timnas Indonesia U-23 dan Malaysia U-23 satu grup Piala AFF U-23 2023 di Thailand. Dalam drawing pada Senin (29/5), kedua negara tersebut berada dalam Grup B, yang juga terdapat  Timnas Timor Leste U-23.

Presiden Federasi Sepak Bola (FA) Laos Viphet Sihachakr mengambil pot undian ketiga yang diisi Timnas Indonesia, Brunei Darussalam, Laos dan Myanmar.

Lalu di pot kedua, Presiden Federasi Sepak Bola (FA) Thailand Somyot Poompanmoung mengambil pot undian yang terdapat sejumlah timnas di antaranya Kamboja, Malaysia dan Filipina.

Terakhir Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) Khiev Sameth mengambil undian di pot pertama yang diisi tuan rumah Thailand, Vietnam dan Timor Leste.

Di grup A tuan rumah Thailand akan berhadapan dengan tiga negara yaitu Kamboja, Brunei Darussalam dan Myanmar. Sedangkan di grup C, Vietnam yang menjadi salah satu negara unggulan juara akan bertemu lawan yang lebih mudah yaitu Filipina dan Laos.

Piala AFF U-23 2023 akan digelar di Thailand pada 17-26 Agustus. Event ini mengalami perubahan jadwal yang semula direncanakan akan diselenggarakan pada 31 Oktober hingga 12 November.

Dalam gelaran Piala AFF U-23 2022 di Kamboja, timnas Indonesia harus absen karena tujuh pemainnya terkena Covid-19 dan memutuskan mengundurkan diri. Hal sama juga ditunjukkan timnas Myanmar pada edisi sebelumnya.

Hingga berita ini tersiar masih belum ada konfirmasi dari pihak Federasi Sepak Bola Singapura ataupun AFF terkait dengan tidak ikut sertanya negara tersebut di kejuaraan yang diselenggarakan di Thailand itu. 

Sementara itu, Ketua PSSI Erick Thohir akan mengirim Timnas Indonesia U-22 peraih medali emas SEA Games 2023 Kamboka ke Asian Games 2022 Hangzhou, China. Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri akan berpartisipasi di Asian Games 2022 pada 23 September-8 Oktober 2023.

" Hal itu supaya, mereka menambah jam terbang jadi lebih tinggi, agar Timnas U-22 menjadi inti pembangunan timnas ke depan," ujar Erick Thohir, Minggu malam.

Erick Thohir mengatakan aturan usia pemain dalam cabang olahraga (cabor) Asian Games 2022 menjadi U-24 karena sempat tertunda selama setahun.  ant

Drawing Piala AFF U-23 2023:
Grup A: Thailand, Kamboja, Brunei, Myanmar.
Grup B: Indonesia, Malaysia, Timor Leste.
Grup C: Vietnam, Filipina, Laos.

Komentar