nusabali

Java Pop Siap Digelar di GBK Jakarta, 'Festival Musik Paling Ambyar Sedunia'

  • www.nusabali.com-java-pop-siap-digelar-di-gbk-jakarta-festival-musik-paling-ambyar-sedunia

JAKARTA, NusaBali - Festival musik dengan mengusung genre pop Jawa, siap menyapa dan menggoyang para penggemar dari berbagai kalangan, dalam perhelatan bertajuk Java Pop Festival di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta 8-9 Juli mendatang.

Dikemas sebagai festival musik kekinian yang telah menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Jakarta, Java Pop Festival yang digagas oleh promotor Kaya Pro hadir untuk menyambut antusiasme masyarakat terhadap musik pop Jawa.

"Kami ingin menjadikan Java Pop Festival sebagai festival musik yang mengapresiasi seniman dan budaya Jawa secara keseluruhan, serta menyatukan orang-orang dari seluruh Indonesia dan sekitarnya," kata inisiator Java Pop Festival, Pulung Agustanto pada sesi konferensi pers di Jakarta, Minggu sore.

Ia mengatakan bahwa jenis musik pop Jawa semakin mengalami perkembangan dari waktu ke waktu sehingga tak heran bila generasi muda saat ini sangat menggandrungi genre tersebut. Hal itu dapat tercermin, salah satunya melalui konten-konten kreatif di media sosial kekinian yang kerap memanfaatkan lagu pop Jawa bernuansa 'ambyar'.

Sebagai kata kerja, 'ambyar' adalah cakapan yang bermakna bercerai-berai, berpisah-pisah, tidak terkonsentrasi lagi. Penggunaan istilah ini, amat lekat dengan lagu-lagu pop Jawa yang kerap mengedepankan tema perihal kandasnya jalinan kasih atau kegagalan hidup dalam konteks yang lebih luas.

Istilah tersebut juga identik dengan sosok seniman legendaris yaitu mendiang penyanyi Didi Kempot yang menyebut para penggemar karyanya dengan panggilan Sobat Ambyar. Belakangan, ia didapuk sebagai "Bapak Patah Hati Nasional".

Hadirnya Java Pop Festival, lanjut Pulung, diharapkan dapat memberikan dampak positif untuk mempromosikan musik pop Jawa, serta menciptakan peluang baru bagi pariwisata dan pertumbuhan ekonomi daerah.

"Festival ini menjadi momentum positif bagi musisi-musisi lokal, terutama yang ada di daerah, untuk bisa tampil di panggung sebesar Stadion Madya GBK. Selama ini mereka hanya bisa melihat GBK dari televisi atau media sosial. Ini saatnya untuk tampil," tambah Pulung.

Rencananya, Java Pop Festival akan menghadirkan sejumlah line-up di antaranya Dara Ayu, Evan Loss, Guyon Waton, Happy Asmara, dan Jogja Hip Hop Foundation. Selain itu, festival yang berlangsung selama dua hari berturut-turut itu juga akan menampilkan penyanyi Woro Widowati, Pulung Agustanto, Nabila Maharani, Ndarboy Genk, dan NDX AKA.

Tiket pre-sale Java Pop Festival dapat diakses melalui laman www.tiketkapansaja.com dengan harga Rp150.000 untuk 1 hari dan Rp300.00 untuk 2 hari. Sedangkan pada pertengahan Juni mendatang, tiket akan dijual dengan harga normal yaitu Rp275.000 per hari dan Rp450.000 untuk akses selama 2 hari. 7 ant

Komentar