nusabali

Pesan Mendikbudristek untuk Talenta Berprestasi

  • www.nusabali.com-pesan-mendikbudristek-untuk-talenta-berprestasi

JAKARTA, NusaBali - Dalam rangka merayakan Bulan Merdeka Belajar dan Hari Kebangkitan Nasional, Kemendikbudristek menggelar Bincang Talenta Berprestasi di Jakarta, Selasa (23/5).

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengaku sangat bangga kepada para talenta berprestasi yang sudah bekerja keras dan berani mengambil risiko untuk mewujudkan impiannya.

“Saya sangat bangga terhadap teman-teman di sini, saya terharu dengan semua kisah-kisah tokoh inspiratif di sini. Jangan pernah lupa bahwa prestasi itu harus dimenangkan, tidak bisa datang begitu saja dan mengandalkan keberuntungan, tetapi kita harus perjuangkan setiap hari,” ujar Mendikbudristek.

Didepan para talenta berprestasi dari berbagai ajang talenta nasional dan internasional, Mendikbudristek menitipkan empat pesan penting. “Pertama, rayakan keunikan dirimu. Apa yang membuat kamu unik dan mungkin juga dianggap berbeda, atau sebagai kelemahanmu, kemungkinan itu adalah super power kamu,” ujar Nadiem seraya menyemangati peserta acara yang pernah mengikuti kompetisi dan ajang talenta nasional dan internasional.

Selanjutnya, Mendikbudristek mengatakan agar para talenta berprestasi tidak takut mengambil risiko. Menurutnya, tidak ada kesuksesan tanpa risiko. "Setiap kita gagal, itu adalah kesempatan baik untuk belajar. Kalau kita tidak gagal dan mencoba ambil risiko, tidak ada namanya kesuksesan,” imbuhnya.

Ketiga, Nadiem berpesan bahwa kolaborasi dan gotong royong sangat berperan penting dalam mewujudkan kesuksesan. “Tanpa orang-orang di sekitar kita yang mendukung dan benar-benar percaya dengan kita, maka kesuksesan akan sulit diraih,” ungkapnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Mendikbudristek menyampaikan kepada para talenta berprestasi agar dalam menekuni minat dan bakat masing-masing, tidak lupa untuk mendengarkan suara hati. "Suara hati kita punya peran paling tinggi dalam menentukan siapa kita dan kesuksesan yang akan kita raih,” jelasnya.

I Made Erlangga Wiryasaputra, siswa kelas VIII SMPN 9 Jakarta Timur, peraih medali emas dalam O2SN Pencak Silat Tahun 2022 berharap agar prestasi yang diraihnya dapat memacu semangat mendapatkan prestasi dalam ajang internasional. Ia juga berharap agar prestasi yang diraih dapat membuka jalan dalam meraih masa depannya.

“Semoga prestasi ini bisa memberi kemudahan saya untuk masuk Akademi Kepolisian nantinya,” tutur Erlangga yang bercita-cita menjadi Polisi. 7

Komentar