nusabali

Pamangku Dapat Bantuan Sembako

  • www.nusabali.com-pamangku-dapat-bantuan-sembako

AMLAPURA, NusaBali - PHDI Kecamatan Selat, Karangasem, membantu 20 pinandita atau pamangku dengan masing-masing diberikan satu paket sembako. Pinandita ini tergabung dalam Paguyuban Pinandita Daksa Sadu, Kecamatan Selat.

Ketua PHDI Kecamatan Selat yang juga Ketua Paguyuban Pinandita Daksa Sadu Kecamatan Selat Jro Mangku Sudana bersama Sekretaris PHDI Kecamatan Selat I Wayan Suara yang membagikan 20 paket sembako di Bale Banjar Pegubugan, Desa Duda, Kecamatan Selat, Minggu (28/5).

Jro Mangku Sudana memaparkan, awalnya ada aspirasi dari anggota Peguyuban Pinandita Daksa Sadu Kecamatan Selat, agar para pinandita yang kurang mampu dapat bantuan sembako. Selanjutnya berupaya mencarikan donatur, berkoordinasi dengan Sekretaris PHDI I Wayan Suara. Uang pembelian sembako didapatkan dari biaya operasional PHDI Kecamatan Selat selama setahun.


Ketua PHDI Kecamatan Selat Jro Mangku Sudana bersama Sekretaris I Wayan Suara mengaku tidak mengambil biaya operasional itu. Karena biaya operasional tersebut disumbangkan dalam bentuk sembako. Tiap paket sembako berisi 10 kilogram beras, 2 liter minyak goreng, 1 kilogram gula pasir dan 1 kilogram kopi.

Lanjut Jro Mangku Sudana, Peguyuban Pinandita Daksa Sadu, Kecamatan Selat, beranggotakan 56 pinandita. Namun yang benar-benar membutuhkan bantuan 20 pinandita. Selama ini, kata dia, sering anggota Peguyuban Pinandita ini membantu umat sedharma saat melaksanakan upacara. Semua anggota kompak datang, membantu secara iklas, mendoakan agar jalannya upacara labda karya.

I Wayan Suara mengakui, bantuan sembako itu sumber dananya dari biaya operasional PHDI Kecamatan Selat selama setahun. Selama ini para pinandita tulus, dan suntuk ngayah, paling tidak agar ada imbalan walau hanya sebatas sembako. "Terpenting semua pinandita, kenak rahayu, sehat, dan terus kompak  bisa ngayah," harap mantan Perbekel Amerta Bhuana, Kecamatan Selat itu.7k16

Komentar