nusabali

Proyek Fisik Sekolah Digarap saat Libur Siswa

  • www.nusabali.com-proyek-fisik-sekolah-digarap-saat-libur-siswa

BANGLI, NusaBali - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli memastikan kegiatan DAK Fisik Pendidikan dimulai Juni 2023. Kegiatan ini berlangsung saat libur sekolah sehingga tidak mengganggu pembelajaran.

Kasi Sarana Prasarana Disdikpora Bangli Ida Bagus Maha Arta mengatakan tahun 2023, Kabupaten Bangli mendapat DAK Fisik Pendidikan Rp 16 miliar. Anggaran telah ditransfer ke kas daerah. “Anggaran ini akan segera dibuatkan amprah agar segera bisa masuk ke rekening sekolah,” jelasnya Minggu (28/5).

Kata dia, pengambilan pekerjaan dilakukan saat libur sekolah sehingga tidak sampai sampai meminjam tempat belajar di sekolah lain. "Pihak penyedia disarankan untuk  fokus menuntaskan bangunan. Harapan kami, kegiatan fisik ini tidak menganggu pembelajaran siswa,” sebutnya.

Lanjutnya, anggaran Rp 16 miliar itu untuk menunjang kegiatan fisik di 19 satuan Pendidikan, meliputi 15 sekolah dasar (SD) dengan anggaran Rp 11 miliar, 3 SMP dengan anggaran Rp 3 milliar, dan PAUD Rp 800 juta. Sisa anggaran untuk pemenuhan sarana teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Menurut Maha Arta, pelaksanaan kegiatan  mengacu pada juklak juknis kegiatan dikerjakan secara swakelola. Ada pula kegiatan yang sumber dananya dari APBD. Tahun ini hanya untuk satu sekolah yakni kegiatan rehab ruang kelas di SDN 3 Yangapi, Kecamatan Tembuku dengan anggaran Rp 450 juta. Pengambilan pekerjaan  oleh rekanan via tender. "Kegiatan sudah tender dan diikut sebanyak 42 penyedia, tahapan di LPSE Setda Bangli sudah masuk masa sanggah,” imbuhnya.7esa

Komentar