nusabali

Bulan Bakti LPM Kesiman Petilan Geber Lomba Tenis Meja hingga Bersih-Bersih Pantai

LPM se-Kota Denpasar Bersih-Bersih Pantai Padang Galak

  • www.nusabali.com-bulan-bakti-lpm-kesiman-petilan-geber-lomba-tenis-meja-hingga-bersih-bersih-pantai

DENPASAR, NusaBali.com – Dalam rangka Bulan Bakti Gotong Royong, LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur menggelar serangkaian kegiatan yang dimulai 26 Mei hingga 4 Juni mendatang.

Kegiatan diawali pada Jumat (26/5/2023) dengan menggelar turnamen tenis meja. Selama dua hari, para atlet tenis meja dari Kesiman Petilan menunjukkan bakatnya di Gedung PT X Gravindo Jalan Noja Banjar Dukuh Kesiman.

Lokasi lomba kali ini terasa lebih refresentatif dibandingkan gelaran sebelumnya yang digelar di Balai Banjar Kehen Kesiman di Jalan Sulatri, Denpasar Timur. 

“LPM Desa Kesiman Petilan bekerjasama dengan PT X Gravindo yang gedungnya tidak digunakan,” kata Ketua Panitia Bulan Bakti Gotong Royong, I Gede Yogi Pramana, yang juga Ketua LPM Desa Kesiman Petilan. 

Pertandingan dimulai pukul 16.00 hingga 21.00 Wita. Peserta yang mengikuti perlombaan ini merupakan masyarakat Desa Kesiman Petilan. Untuk kategori perorangan diikuti 18 peserta, sedangkan kategori ganda diikuti 9 tim dimana setiap banjar mengirimkan perwakilannya. Batasan usia pun diterapkan, yakni minimal 17 tahun.

“Lomba tenis meja ini dimaksudkan untuk menggalakkan olahraga, dan menjadikan banjar-banjar sebagai tempat untuk berkegiatan olahraga bagi warga,” jelas Ketua LPM yang juga Jro Mangku Desa Kesiman tersebut. 

Yogi pun berharap dengan adanya Bulan Bakti yang dilaksanakan oleh LPM bisa memberdayakan masyarakat itu sendiri, khususnya dalam pengelolaan SDM dan SDA bagi desa dalam rangka pembangunan. 

Selain lomba tenis meja, LPM Desa Kesiman Petilan juga mengikuti kegiatan  bersih-bersih pantai di Pantai Padang Galak yang diprakarsai oleh LPM Kota Denpasar dalam rangka Bulan Bakti LPM se-Kota Denpasar pada Minggu (28/5/2023) pagi. 

Kegiatan bersih pantai ini melibatkan 600-700 peserta elemen Kota Denpasar, termasuk  Dinas Pemberdayaan Desa (DPMD), DPD LPM Kota Denpasar, DPC Kecamatan Denpasar Timur. 

Dalam kegiatan ini juga mengundang sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Denpasar Timur yakni SMAN 3 Denpasar, SMAN 9 Denpasar, SMPN 1 Denpasar, SMPN 8  Denpasar, SMPN 14 Denpasar dan SD yang berada di kawasan Kesiman Petilan. 

“Dipilihnya Pantai Padang Galak karena pantai ini menjadi perbatasan dengan dermaga yang baru. Jadi bukan hanya Pantai Sanur atau kawasan pantai yang menjadi objek wisata saja dikelola, ditata dan dijaga. Penataan Pantai Padang Galak pun perlu dilakukan dengan kegiatan bersih pantai dalam upaya menjaga dan menata kawasan suci,” kata Yogi. 

Sebagaimana diketahui, Pantai Padang Galak merupakan pantai yang dipergunakan untuk kegiatan keagamaan seperti melasti, menghayutkan sisa pembakaran abu mayat sebagai rentetan upacara ngaben, dan kegiatan keagamaan lainnya. *m03

  • Bulan Bakti LPM Desa Kesiman Petilan
  • -Turnamen tenis meja 26-28 Mei 2023 
  • -Kegiatan bersih-bersih pantai/beach clean yang berkolaborasi dengan LPM Kota Denpasar dan LPM Kecamatan Denpasar Timur yang diselenggarakan 28 Mei 2023. 
  • -Bakti sosial berupa penyerahan sembako dan bantuan lainnya kepada penyandang disabilitas pada 1 Juni 2023. 
  • -Lomba inovasi desa.
  • -Puncak acara sekaligus penyerahan hadiah lomba pada 4 Juni 2023. 

Komentar