nusabali

Mahasiswa KKN-PPM D4 RPL MBI Politeknik Negeri Bali Kenalkan Pemanfaatan Digital Marketing di UMKM D’Home Seminyak

  • www.nusabali.com-mahasiswa-kkn-ppm-d4-rpl-mbi-politeknik-negeri-bali-kenalkan-pemanfaatan-digital-marketing-di-umkm-dhome-seminyak
  • www.nusabali.com-mahasiswa-kkn-ppm-d4-rpl-mbi-politeknik-negeri-bali-kenalkan-pemanfaatan-digital-marketing-di-umkm-dhome-seminyak
  • www.nusabali.com-mahasiswa-kkn-ppm-d4-rpl-mbi-politeknik-negeri-bali-kenalkan-pemanfaatan-digital-marketing-di-umkm-dhome-seminyak
  • www.nusabali.com-mahasiswa-kkn-ppm-d4-rpl-mbi-politeknik-negeri-bali-kenalkan-pemanfaatan-digital-marketing-di-umkm-dhome-seminyak

MANGUPURA, NusaBali.com – Politeknik Negeri Bali (PNB) kembali melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) melalui D4 Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Manajemen Bisnis Internasional Politeknik Negeri Bali (MBI PNB).

Berbeda dengan kelas regular lainnya, program KKN-PPM program D4 RPL MBI tak hanya menyasar desa saja, melainkan menyasar ke sejumlah lokasi lainnya seperti UMKM ataupun pihak industri.

Salah satunya D’Home Seminyak yang berlokasi Jalan Tunjung II Nomor 8A, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung,  merupakan UMKM pilihan yang menjadi tempat berlangsungnya program KKN-PPM Kelompok I D4 RPL MBI PNB tahun 2023.

Ketua Kelompok I KKN-PPM RPL MBI, I Nyoman Sudirga Yusa menerangkan alasan pihaknya memilih D’Home sebagai lokasi sasaran KKN-PPM kali ini, karena masih kurangnya perkembangan perluasan pemasaran di lokasi tersebut.

Tak hanya itu, menurutnya UMKM D’Home Seminyak masih menggunakan promosi secara manual yaitu dari mulut ke mulut yang dirasa masih kurang efektif.

“Industri ini lebih membutuhkan kontribusi kami untuk memajukan usahanya. Sehingga kami memberikan beberapa materi seperti pemanfaatan digital   marketing sebagai sarana pemasaran produk usaha, pembuatan SOP dan struktur organisasi yang jelas, serta pembuatan video promosi,” terang Sudirga saat ditemui di lokasi pada Minggu (28/5/2023) siang.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini dapat memberikan solusi bagi permasalahan seperti kurangnya pemahaman, kemampuan dan pengetahuan mengenai pentingnya digital  marketing dalam rangka memaksimalkan kegiatan promosi.

Digawangi oleh 11 mahasiswa lainnya, mereka kompak berpartisipasi aktif dalam hal pengembangan dan perluasan digital marketing di UMKM D’Home. Rencananya, kegiatan KKN-PPM Kelompok 1 D4 RPL MBI dilaksanakan selama 14 hari.

“Semoga dengan adanya kontribusi dari kami dapat menjadi semangat baru dan terobosan baru untuk UMKM D’Home Seminyak, serta dapat memudahkan pelanggan untuk mengetahui informasi tersebut,” terangnya.


Foto: Anggota KKN PPM Kelompok I D4 RPL MBI Politeknik Negeri Bali di D’Home Seminyak yang berlokasi di Jalan Tunjung II Nomor 8A, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Badung, Bali pada Minggu (28/5/2023) siang. -RIKHA SETYA

Dalam kesempatan yang sama, Pembimbing KKN PPM Kelompok I D4 RPL MBI, Gede Pradiva Adiningrat menuturkan kegiatan KKN-PPM ini bertujuan untuk mengasah kemampuan mahasiswa yang sudah didapatkan selama di bangku perkuliahan.

“Pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa dapat dikolaborasikan dan bisa saling berbagi ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan industri bukan hanya unggul di ilmu perusahaan dalam teknis, namun dengan kolaborasi ini semoga lebih baik dalam sustainable bussines,” terangnya.

Lebih lanjut ia katakan, pengetahuan digital marketing saat ini merupakan hal penting. Mengingat arah pergeseran pemasaran tidak hanya bisa dilakukan secara langsung, melainkan market saat ini cenderung lebih cepat bosan. Ia juga menerangkan, digital marketing tidak hanya berfokus untuk memasarkan produk yang dimiliki, namun harus memiliki nilai atau value.

“Sehingga ini membutuhkan kemampuan yang cukup tinggi bagi perusahaan untuk merayu atau mengikat customer agar kembali loyal kepada brand mereka. Sehingga perusahaan harus mengetahui karakter pelanggan ke era digital,” lanjutnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, PIC D’Home Seminyak, I Nengah Suardika mengungkapkan partisipasi para pegawai yang hadir sangatlah antusias. Dilihat dari pantauan NusaBali.com, mereka datang ke lokasi tepat waktu dan menyimak serta aktif bertanya terkait materi yang disampaikan hingga akhir acara.

“Partisipasi dari pegawai di sini sangat antusias, apa lagi materi soal digital marketing tadi sangat memberikan masukan positif bagi kami. Semoga D’Home Seminyak bisa lebih baik lagi setelah gelaran ini,” pungkasnya. *ris


Komentar