nusabali

STY Isyaratkan Tinggalkan Timnas

Targetkan Tembus 16 Besar Piala Asia di Qatar

  • www.nusabali.com-sty-isyaratkan-tinggalkan-timnas

JAKARTA, NusaBali - Shin Tae-yong (STY) memberi isyarat, dirinya akan meninggalkan posisi pelatih Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023 di Qatar pada Januari 2024. Kontrak STY semula akan berakhir pada Desember 2023. Artinya, kontrak pelatih 52 tahun itu hanya diperpanjang dua bulan.

Sebab, Piala Asia 2023 akan digelar pada awal 2024, dan kabarnya, PSSI memberikan ekstensi hingga berakhirnya turnamen antarnegara paling tinggi di Asia tersebut. Di kejuaraan tersebut, STY pun mematok target tembus 16 besar.

"Saya berkomunikasi dengan Erick Tohir sangat baik, saya harus menyelesaikan tugas yang harus saya lakukan. Saya akan bekerja hingga Piala Asia," kata Shin, kepada besteleven.com, Sabtu (27/5).

Lebih lanjut, STY menegaskan dirinya akan membalaskan kekecewaan suporter Timnas Indonesia yang gagal melihat tim kebanggaannya berlaga di Piala Dunia U-20. Dia paham betul ada kekecewaan, dan dia bertekad membayarnya dengan penampilan membanggakan di Piala Asia 2023.

STY juga mengomentari Ketua PSSI Erick Thohir sangat bersemangat tentang sepak bola. Dia juga menuturkan Erick Thohir bertekad membangun sepakbola Indonesia.

"Erick Thohir adalah pria yang memiliki ketertarikan luar biasa pada sepak bola. Kami berbicara banyak, dan meskipun gagal menggelar Piala Dunia U-20, dia mau memindahkan fokus menguatkan tim nasional senior," ujar STY.

STY juga menetapkan targetnya untuk pentas akbar Piala Asia 2023, yakni berambisi membawa Indonesia melaju ke babak 16 besar. Tim Garuda tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam.

Pada laga perdana, Timnas Indonesia bersua Iraq (15/1), disusul Vietnam (19/1), dan terakhir berhadapan dengan Jepang (24/1).

Tergabung di grup sulit, Tim Garuda diprediksi jadi lumbung gol. Alhasil, langkah Indonesia di Piala Asia 2023 diyakini akan terhenti pada fase grup.

STY tak menampik Indonesia berstatus kuda hitam di Grup D. Namun, pelatih asal Korea Selatan tersebut menegaskan anak asuhnya tak akan gentar dan berambisi menembus 16 besar Piala Asia 2023. Menurutnya, kuda hitam itu bukan seperti tim yang selalu bisa menang, tetapi tim yang tidak akan mudah dikalahkan tim manapun.

"Saya memiliki keterampilan dan stamina untuk menciptakan suasana Indonesia bukan yang seperti dulu. Jadi saya merasa kami harus lolos ke-16 besar tanpa syarat," kata Shin Tae-yong. *

Komentar