nusabali

Jejak Karier Marsma TNI Wayan Superman, Putra Buleleng yang Kini Menjadi Gubernur Akademi Angkatan Udara

  • www.nusabali.com-jejak-karier-marsma-tni-wayan-superman-putra-buleleng-yang-kini-menjadi-gubernur-akademi-angkatan-udara

YOGYAKARTA, NusaBali.com - Kebanggaan bagi Bali, khususnya masyarakat Buleleng. Salah satu putra terbaiknya, Marsma TNI Wayan Superman, 52, dipercaya mengemban jabatan sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU).

Marsma TNI Wayan Superman menggantikan posisi Marsda  TNI Eko Dono Indarto. Adapun upacara serah terima jabatan Gubernur AAU tersebut sudah dilaksanakan di Kesatrian AAU Yogyakarta pada Kamis (25/5/2023) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal  TNI Fadjar Prasetyo.

Marsekal  TNI Fadjar mengapresiasi capaian tugas Marsda  TNI Eko Dono Indarto, atas dedikasi dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama memimpin Akademi Angkatan Udara.

Sementara kepada Marsma  TNI Wayan Superman, Kasau berharap agar dapat mempersiapkan karakter Taruna AAU dengan sebaik-sebaiknya, karena masa depan  TNI Angkatan Udara berada di tangan mereka.

Marsma Wayan Superman sebelumnya mengisi posisi Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Udara (Waasops Kasau). 

Sementara, Marsda Eko Dono Indarto akan dimutasi menjadi Inspektur Jenderal  TNI Angkatan Udara (Irjenau).

Marsda Eko D Indarto mengisi posisi yang ditinggalkan Marsda  TNI R Agung Handoko yang dipromosi menjadi Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom)  TNI.

Lalu siapakah sebenarnya Wayan Superman? Pria kelahiran Busungbiu, Kabupaten Buleleng  pada 6 November 1970 adalah putra pertama dari pasangan Ketut Suter (almarhum) dan Made Yoni (almarhum). 

Sebelum menjadi Taruna AAU, Marsma  TNI Wayan Superman pernah duduk di bangku Sekolah Dasar 1 Busungbiu, SMP 1 Busungbiu, SMA 1 Singaraja, dan lulus dari Akademi Angkatan Udara pada tahun 1992.

Marsma  TNI Wayan Superman, memulai kariernya selepas lulus dari AAU dengan menjadi Pa Dp  Gubernur AAU. 

Tahun 1995, ia lulus dari Sekolah Penerbang (Sekbang)  TNI AU dan diarahkan menjadi Penerbang Pesawat Angkut C-130 Hercules di Skadron Udara 32 di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Kariernya di Skadron Udara 32 cukup cemerlang hingga akhirnya ia menjabat sebagai Kadisops Skadron Udara 32 saat berpangkat Mayor di tahun 2004 dan kemudian menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 32 di tahun 2010 dengan pangkat Letnan Kolonel.

Selepas dari jabatan Komandan Skadron Udara 32 pada tahun 2011, Wayan Superman kemudian mendapatkan penugasan di Mabes  TNI sebagai Pabandya 2/Latgab Paban III/Latgab Sops  TNI sebelum kembali lagi ke lanud asalnya di tahun 2013 sebagai Kadispers Lanud Abdulrachman Saleh dengan pangkat Kolonel. 

Setahun kemudian, pada 2014 ia dipercaya menjabat sebagai Komandan Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh.

Setelah itu, Wayan Superman menjabat sebagai Kapusoyu Seskoau di tahun 2015 dan menjadi Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai pada tahun 2016. 

Jabatan berikutnya adalah Aspers Kas Koopsau I, Paban I/Ren Sopsau, Paban IV/Renprogar Srenum TNI.

Pada tahun 2020 pangkat bintang satu kemudian disandangnya saat dipercaya menjabat sebagai Waasrena Kasau Srenaau, dan kembali ke lanud yang membesarkannya sebagai Komandan Lanud Abdulrachman Saleh hingga tahun 2021.

Setelah itu, ia kemudian menjabat sebagai Waasrenum Panglima TNI Srenum TNI dan Waasops Kasau Sopsau di tahun 2022 sebelum dipercaya menjabat sebagai Gubernur AAU.

Lulusan Sesko TNI Angkatan 42 (2015) dan PPRA Lemhannas Angkatan 63 (2022) ini pernah mendapatkan beragam penugasan di dalam negeri seperti di Aceh, Timor Timur, Papua, Ambon, dan Poso serta penugasan di luar negeri seperti di Laos, Kamboja, Singapura, Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, Australia, China, dan lainnya.

Dengan dilantiknya sebagai Gubernur AAU, Marsma TNI Wayan Superman akan naik pangkat menjadi Bintang Dua. 

Tugas baru kini diemban oleh suami dari Erika Dewi Hindaraini dan ayah dari tiga putri yaitu Putu Febriana Maharani Dewi Permana, Kadek Sherlina Maharani Ayu Permana, dan Komang Mahaiswari Candra Dewi Permana ini.

Komentar