nusabali

Ingin Cantik? Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kulit

  • www.nusabali.com-ingin-cantik-konsumsi-buah-yang-bagus-untuk-kulit

DENPASAR, NusaBali.com - Kulit sehat, kenyal dan terawat tentu menjadi idaman semua orang. Di tengah banyaknya suplemen yang menyebarkan janji untuk menyehatkan kulit, sehat dari dalam juga bisa didapatkan dengan konsumsi makanan tertentu, termasuk mengkonsumsi buah yang bagus untuk kulit.

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh. Fungsi kulit adalah untuk melindungi tubuh dari paparan kuman, mikroba dan infeksi. Selain itu, kulit juga berfungsi penting untuk merasakan sensasi serta mengatur suhu tubuh. Mengingat ada berbagai fungsi kulit yang sangat penting bagi tubuh maka mengkonsumsi makanan sehat termasuk berasal dari buah-buahan ternyata baik untuk Kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan. 

Daftar Buah yang Bagus untuk Kulit 

Berikut ini beberapa jenis buah yang bagus untuk kulit agar tetap terawat dan sehat: 

- Alpukat 

Salah satu buah segar kumala Indonesia yang baik untuk kulit adalah alpukat. Alpukat mengandung lemak sehat yang bisa membuat kulit elastis dan tetap lembab. Ilmuwan menemukan bahwa konsumsi lemak sehat dalam buah untuk kulit ini telah dihubungkan dengan kulit yang kenyal. Tidak hanya itu, buah ini menjadi sumber vitamin E yang baik. 

Manfaat vitamin E bisa berperan menjadi molekul antioksidan yang membantu kulit terlindungi dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Fungsi vitamin E dapat menjadi optimal dengan konsumsi vitamin C yang juga terkandung dalam buah alpukat. Manfaat vitamin C berasal dari kandungan antioksidan yang membantu produksi kolagen untuk kulit yang sehat. 

- Tomat

Tomat kaya akan vitamin serta mengandung pigmen alami karotenoid berupa likopen. Tomat juga mengandung vitamin C yang terbukti sebagai molekul antioksidan yang baik bagi kesehatan kulit untuk kesehatan kulit, termasuk dengan membantu produksi kolagen. Sedangkan likopen diyakini para ahli bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Fungsi likopen juga bisa mencegah kerutan. 

Anda bisa membantu tubuh agar optimal dalam menyerap karotenoid, seperti likopen, dengan mengkonsumsi sedikit sumber lemak sehat lainnya bersamaan dengan tomat. Sumber makanan lemak sehat tersebut antara lain minyak zaitun. 

- Blueberry 

Blueberry juga menjadi buah yang bagus bagi kulit. Buah blueberry mengandung vitamin C dan vitamin A yang dikenal baik untuk Kesehatan kulit dalam mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, buah fruit importer untuk Kesehatan kulit ini punya molekul antioksidan anti penuaan yang disebut dengan antosianin. Antonisanin adalah senyawa yang menyebabkan warna biru pada blueberry. 

Vitamin A, vitamin C, dan antosianin bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari, stress dan polusi udara. Berbagai kandungan zat tersebut bekerja dengan meredakan peradangan dan mencegah kulit kehilangan kolagen. Jenis buah-buahan berry lain bisa membantu untuk menjaga Kesehatan kulit, termasuk raspberry, strawberry dan blackberry.

- Papaya 

Buah ini mengandung molekul antioksidan, vitamin, dan mineral yang bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit. Manfaat buah papaya untuk kulit juga bisa mengurangi haris halus serta kerutan yang menjadi tanda-tanda penuaan dini. Beberapa kandungan buah papaya yang cocok menjadi pilihan buah antara lain, vitamin A, C, K dan E, berbagai vitamin B, kalsium, fosforus, kalium dan magnesium. Buah papaya mengandung enzim papain. Enzim papain sering ditambahkan ke dalam produk-produk eksfoliasi kulit yang bertindak sebagai antiradang serta mencegah penuaan. 

- Jambu Biji 

Manfaat jambu biji bagi Kesehatan membuatnya mungkin menjadi salah satu buah yang popular di Indonesia. Selain itu, jambu biji juga menjadi buah yang bagus untuk kulit yang dapat anda konsumsi. Jambu biji dan buah tropis lainnya seperti mangga, kiwi dan nanas menjadi sumber buah-buahan yang mengandung vitamin C dimana vitamin C sudah dihubungkan dengan peningkatan produksi kolagen. Di samping itu, jambu biji juga punya sedikit kandungan zinc yaitu salah satu factor yang bisa memproduksi kolagen. 

- Jeruk 

Jeruk telah menjadi usaha buah buahan yang identik mengandung vitamin C yang berkaitan dengan produksi kolagen untuk kulit sehat. Selain jeruk, buah sitrus lainnya juga penting untuk Kesehatan kulit yang mudah dicari seperti lemon dan jeruk bali. 

- Pisang 

Pisang menjadi buah untuk Kesehatan kulit yang dapat dikonsumsi. Kandungan asam amino pada pisang diyakini dapat meningkatkan elastisitas kulit. Kabar baiknya adalah pisang juga mengandung zinc dan kalium. Zinc bermanfaat untuk melawan infeksi bakteri dan mencegah jerawat sedangkan kalium diyakini bisa menghidrasi kulit. Bahkan kulit pisang juga tidak kalah bermanfaat. Mengggosokkan bagian dalam kulit pisang secara teratur bisa mencerahkan kulit kusam. 

- Semangka

Kandungan air yang banyak dalam buah semangka membuatnya menjadi pilihan buah yang baik bagi kulit sehat. Ini bukan tanpa alasan karena semangka mengandung astringent alami yang bisa mengencangkan kulit. Buah untuk Kesehatan kulit ini juga bisa merevitalisasi kulit kusam menjadi jauh lebih cerah. Kandungan karoten di dalamnya diyakinibisa mengendalikan tanda-tanda penuaan.

- Delima 

Buah delima adalah sumber nutrisi pilihan yang baik untuk Kesehatan lainnya. Manfaat buah delima bagi kulit adalah membantu menyamarkan garis-garis di wajah dan bitnik-bintik cokelat pada wajah. Kandungan polifenol dalam buah delima mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan aliran darah sehingga kulit tampak lebih sehat. Delima juga bisa mencegah dan mengobati kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Anda dapat memperoleh manfaat buah untuk kesehatan kulit dengan mengkonsumsinya secara teratur sebagai jus. Konsumsi kulit buah delima bersamaan dengan bijinya diyakini bisa mendorong pertumbuhan sel kulit dan menghambat munculnya keriput secara alami. 

Komentar