nusabali

Timsel Undang Masyarakat Gianyar Ikut Seleksi Calon Anggota Bawaslu

  • www.nusabali.com-timsel-undang-masyarakat-gianyar-ikut-seleksi-calon-anggota-bawaslu

GIANYAR, NusaBali - Tim seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) di tingkat kabupaten/kota mengundang masyarakat Gianyar ikut seleksi calon anggota Bawaslu Zona 2 Provinsi Bali (Karangasem, Bangli, Klungkung, Gianyar, dan Kota Denpasar).

Hal ini dikemukakan Timsel yang beranggotakan Dr Dra Gayatri, Dr Made Wahyu Adhiputra, Syamsudin Nur Efendi Kelilauw, dan Dr Anak Agung Gede Krisna Murti serta Efatha Filomeno Borrromeu Duarte saat sosialisasi mengenai rekrutmen calon anggota Bawaslu, di Gianyar, Jumat (26/5).

Penyebaran informasi rekrutmen calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota periode 2023-2028 itu dilaksanakan di kantor Bawaslu Kabupaten Gianyar dengan mengundang tokoh masyarakat, perwakilan PKK, dan kalangan disabilitas di Kabupaten Gianyar.

Made Wahyu Adhiputra mengatakan sosialisasi yang dilaksanakan merupakan salah satu tahapan yang dilakukan oleh Timsel sebelum memasuki proses penjaringan, pemilihan, dan penetapan calon anggota Bawalsu kabupaten/kota.

“Sosialisasi ini merupakan salah satu tahapan sebelum melakukan proses penjaringan, pemilihan, dan penetapan yang dilakukan dengan menerapkan prinsip mandiri, jujur, adil, proporsional, dan professional," ujarnya.

Disampaikannya bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong masyarakat yang memiliki kompetensi di bidang kepemiluan dapat mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu. Untuk di Kabupaten Gianyar terdapat 3 kuota untuk calon anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar.

“Kami (Timsel) mendorong masyarakat agar yang memiliki kompetensi di bidang kepemiluan dapat mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu. Untuk di Kabupaten Gianyar terdapat 3 kuota untuk anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar dengan jumlah minimal pendaftar adalah 8 kali kebutuhan, dengan usia minimal 30 rahun dan dari jumlah tersebut terdapat 30 persen keterwakilan perempuan pada tiap tahapannya,” jelasnya.

Sementara itu, Anak Agung Gede Krisna Murti mengatakan, bagi masyarakat yang mau mendaftar sebagai bakal calon anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar bisa mendaftar melalui email yang telah ditetapkan Atau bisa melihat informasi lebih lengkap di laman resmi Bawaslu. Selain itu agar memperhatikan kelengkapan berkas pendaftaran yang diperlukan. Disampaikan juga bahwa proses rekrutmen calon anggota Bawaslu terdapat 3 fase yang akan dilewati.

“Kepada peserta nanti sebaiknya memperhatikan dokumen pendaftaran dan rekrutmen calon anggota Bawaslu. Terdapat 3 fase yaitu fase 1 adalah tes tertulis CAT, selanjutnya fase 2 tes kesehatan dan psikologi, serta fase 3 yaitu tes wawancara yang dilakukan oleh tim seleksi calon anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar,” bebernya. 7 nvi

Komentar