nusabali

Badung Sport Tourism Diramaikan 400 Atlet

  • www.nusabali.com-badung-sport-tourism-diramaikan-400-atlet

Lima negara yang mengikuti kejuaraan kabaddi Badung Sport Tourism, yakni Malaysia sebanyak 44 orang, Thailand 36 orang, Singapura 17 orang, dan Timor Leste sebanyak 17 orang, dan sisanya peserta daerah berbagai daerah di Indonesia.

MANGUPURA, NusaBali 
Sebanyak 400 atlet dari lima negara meramaikan KONI Badung Sport Tourism Cabang Olahraga Kabaddi, di Gedung Lotring, Kuta, Badung, yang dimulai Jumat (26/5). Kejuaraan yang menggelar nomor ‘national style kabaddi’ itu dibuka resmi Ketua Bidang Organisasi KONI Bali, I Gusti Agung Ngurah Susrama Putra, dengan ditandai penekanan sirine.

Sesuai konteks sport tourism, peserta dari Malaysia dan Thailand memperpanjang waktu menginap dua hari di Bali dari jadwal pelaksanaan bertanding. 

Menurut Ketua Panitia, I Kadek Sudharma Hariawan, lima negara yang mengikuti kejuaraan Kabaddi Sport Tourism, yakni Malaysia sebanyak 44 orang, Thailand 36 orang, Singapura 17 orang, dan Timor Leste sebanyak 17 orang, dan sisanya peserta daerah berbagai daerah di Indonesia. Yakni, tim Kabaddi Sumbar, Kaltim, Jateng, Jatim, NTB, NTT, serta tuan rumah Bali yang mengirimkan dua tim. 

Sedangkan tim Pra PON berlaga di  grup Indonesia B, sedangkan tim Indonesia A adalah gabungan seluruh daerah di tanah air. Sudharma Hariawan berharap Tim Indonesia dapat menemukan chemistry, karena kejuaraan tersebut dipakai sebagai ajang pemantauan atlet Asian Games. 

"Yang jelas respon dari luar negeri tinggi sekali, mereka datang dengan biaya sendiri. Bahkan ada atlet lengkap datang dengan keluarganya dari Timor Leste," tutur Sudharma Hariawan, yang juga Ketua Harian Kabaddi Badung itu. 

Pria yang juga birokrat Pemkab Badung itu mengungkapkan, atlet Thailand dan Malaysia memperpanjang tinggal di Bali. Dari jadwal bertanding hingga 29 Mei lanjut liburan di sampai 31 Mei. Menurut Sudharma Hariawan, mereka sangat senang dan efek event sport tourism sangat dirasakan event, dn dia berharap terus berlanjut. 

Sementara itu Ketum KONI Badung, Made Nariana mengatakan kegiatan ini diharapkan mendatangkan wisatawan khususnya ke Badung dan Bali. 

Sehingga kedepan kegiatan sport tourism ini diharapkan berkesinambungan menjadi agenda rutin KONI Badung. Disatu sisi Ketum Pengprov Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI) Bali, Made Sukawan Adika menggunakan KONI Badung Sport Tourism sebagai tolak ukur kemampuan tim Kabaddi Pra PON Bali. 

FOKSI Bali menilai, turnamen yang dilabeli 'Indonesia Open International Kabaddi Championship' ini diikuti atlet syarat pengalaman internasional.  Untuk itu, FOKSI Bali juga berharap agar atletnya menimba langsung variasi permainan yang ditunjukkan atlet luar negeri. 

"Ini kejuaraan bergengsi, sebab peserta yang ambil bagian adalah juara kabaddi Asia Tenggara, terutama Thailand dan Malaysia," kata Sukawan Adika. dek

Komentar