nusabali

537 Petani di Duda Terima Bantuan Bibit Padi

  • www.nusabali.com-537-petani-di-duda-terima-bantuan-bibit-padi

AMLAPURA, NusaBali - 537 petani atau anggota subak di Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, mendapatkan bantuan bibit padi inpari 48. Tiap anggota menerima 1 sak/10 kilogram  gabah. Gabah ini siap disemai jadi bibit, total bantuan 5,37 ton.

Bantuan bibit untuk 4 subak tersebut dari Pemerintah Desa Duda, melalui program ketahanan pangan. Perbekel Duda I Wayan Dulur menyerahkan langsung bantuan itu di Aula BUMDes Guna Biksama, Banjar/Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (26/5).

Perbekel I Wayan Dulur memaparkan bantuan untuk 4 subak tersebut yakni,  Subak Bambang Biuang, Subak Alastunggal, Subak Tegal Kauh, dan Subak Uma Desa. "Bantuan ini merata untuk tiap anggota subak, masing-masing dapat satu sak. Saya tidak melihat luas garapan anggota subak, besaran bantuannya semuanya sama," jelas I Wayan Dulur.

Bantuan 10 kilogram bibit padi inpari 48 itu, cukup untuk lahan 25 are. "Kekurangannya agar petani yang mengupayakan beli bibit sendiri. Bantuan ini hanya meringankan beban petani," tambahnya.

Sedangkan, harga bantuan per sak Rp 105.000, bantuan untuk 357 anggota subak, total biaya Rp 56,38 juta. Tahun depan Perbekel I Wayan Dulur mengupayakan bantuan pupuk organik.

Perbekel I Wayan Dulur mengingatkan petani agar mengurangi menggunakan pupuk urea, alasannya padi inpari 48 itu pohonnya tinggi. Itulah sebabnya agar petani lebih banyak gunakan pupuk NPK (nitrogen phosphat dan kalium), agar batang padi lebih kuat dan tidak mudah roboh.

Anggota Subak Bambang Biaung dari Banjar Bambang Biaung, Desa Duda, I Wayan Koripan menyukuri dapat bantuan 10 kilogram bibit. "Kebetulan lahan garapan saya 25 are, sehingga bibit itu pas untuk luas lahan itu," jelasnya.

Sekretaris Subak Uma Desa, di Banjar Pegubugan, Desa Duda I Ketut Sandung juga mengapresiasi bantuan bibit dari Pemerintah Desa Duda. Smentara itu, anggota Subak Bambang Biaung I Komang Suadi, memiliki luas garapan 70 are di lima lokasi, dengan bantuan bibit 10 kilogram, masih kekurangan. Sehingga untuk menutupi kekurangan bibit itu mesti membeli secara swadaya.

Tahun lalu, Pemerintah Desa Duda, menyalurkan bantuan bibit untuk 4 subak, 5,37 ton bibit padi infari dan ciherang, jelang musim tanam. Bantuan itu juga anggaran dari Pemerintah Desa Duda.

Empat subak dapat bantuan bibit padi tiap anggota mendapatkan 10 kilogram, masing-masing untuk Subak Bambang Biaung sebanyak 204 anggota, Subak Tegal Kauh 34 anggota, Subak Alastunggal 134 anggota dan Subak Uma Desa 165 anggota.7k16

Komentar