nusabali

Piyasan Terbakar, Kerugian Sekitar Rp 80 Juta

  • www.nusabali.com-piyasan-terbakar-kerugian-sekitar-rp-80-juta

GIANYAR, NusaBali - Piyasan sanggah milik keluarga Gede Basura, 59, di Banjar Darma Tiaga, Desa Blahbatuh, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar terbakar, Kamis (25/5) sekitar pukul 19.15 Wita.

Kebakaran ini diduga akibat percikan api dupa. Korban yang juga kepala sekolah di salah satu SMP di Gianyar ini mengalami kerugian Rp 80 juta. Korban menerima kejadian ini sebagai musibah dan tidak melaporkan ke polisi. 

Informasi di lapangan, kebakaran diketahui pertama kali oleh korban, Gede Basura. Saat itu korban sedang di kamar. Kasek di salah satu SMP swasta di Gianyar ini mendengar suara seperti ada yang terbakar. Saksi keluar dari dalam kamar dan melihat api berkobar pada bangunan piyasan. Korban langsung berteriak minta tolong sehingga keluarga dan tetangga datang membantu memadamkan api. Warga menghubungi Pemadam Kebakaran Gianyar. Sebelum armada Damkar Gianyar tiba di lokasi, api sudah berhasil dipadamkan oleh warga setempat dengan alat seadanya.

Kapolsek Blahbatuh, Kompol I Made Tama mengatakan, setelah menerima laporan dari masyarakat, langsung ke lokasi dan melakukan olah TKP. “Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian material diprediksi mencapai Rp 80 juta. Bangunan piyasan berukuran 4 meter x 4 meter,” jelas Kompol Tama, Jumat (26/5). Diduga kebakaran terjadi akibat api dupa yang dipakai menghaturkan sesaji di bangunan piyasan. “Korban tidak melaporkan peristiwa itu ke Polsek Blahbatuh dan menerima kejadian sebagai musibah,” jelasnya. 

Sementara kebakaran gudang terjadi sekitar pukul 05.00 Wita. Kebakaran pertama kali dilihat oleh Budi Hartono yang berencana melaksanakan Sholat Subuh. Budi mendengar suara percikan api, selanjutnya bergegas keluar dari bedeng tempat tidurnya. Terlihatlah api menyala membakar atap ilalang bekas bangunan. Selanjutnya saksi membangunkan temannya untuk memadamkan api dengan alat seadanya. 

Sekitar pukul 06.00 Wita, dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di TKP. Sekitar pukul 06.20 Wita api dapat dipadamkan. Kebakaran diperkirakan karena arus pendek listrik (korsleting). Manajemen PT 328 tidak bisa memastikan kerugian yang dialami karena barang yang terbakar adalah sisa bekas bangunan seperti atap ilalang dan kayu yang sudah tidak terpakai. 7 nvi

Komentar