nusabali

Dukung Para Pelaku UMKM, Pemkab Badung Ajak Gunakan Produk Lokal

  • www.nusabali.com-dukung-para-pelaku-umkm-pemkab-badung-ajak-gunakan-produk-lokal

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopukmp) Kabupaten Badung, mengajak seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali ASN untuk mendukung UMKM. Caranya dengan mencintai produk lokal, melalui penggunaan produk lokal hasil UMKM di Gumi Keris.

Ajakan tersebut disampaikan langsung Kepala Diskopukmp Badung I Watan Widiana, di sela kegiatan Jumat Ceria bersama UMKM Badung yang dirangkaikan dengan HUT Ke-61 BPD Bali di lapangan Puspem Badung, Jumat (26/5). Turut hadir Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Nyonya Ayu Parwata, Kabag Prokompim Made Suardita dan Kepala BPD Bali Cabang Mangupura IB Made Surawan.

Menariknya, pada kegiatan tersebut puluhan UMKM di Gumi Keris dilibatkan dengan menempati 33 stand UMKM yang disediakan. Para pelaku UMKM yang terlibat menyajikan produk unggulannya, mulai dari kuliner, fashion hingga obat tradisional. Semua UMKM tersebut sudah menggunakan transaksi QRIS. “Ibu (Seniasih Giri Prasta, Red) sempat berbelanja di salah satu stand pangan murah bersubsidi dengan menggunakan aplikasi BALIPAY dan M-Banking BPD Bali,” ujar Widiana.

Menurut Widiana, produk UMKM lokal telah terbukti memiliki potensi besar dengan produk-produk unggulan daerah. “Jika kita juga dapat turut mempromosikan produk unggulan UMKM Badung dengan membeli dan menggunakan serta turut menyebarluaskan potensi unggulan daerah Kabupaten Badung, maka UMKM kita akan semakin berkembang,” kata mantan Camat Kuta Selatan ini.

Dia pun mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk ASN di lingkungan Pemkab Badung, untuk turut berpartisipasi dalam mendukung tumbuh kembang UMKM dengan mencintai produk buatan lokal melalui penggunaan produk-produk lokal hasil produksi UMKM. “Kami memiliki komitmen untuk terus meningkatkan dan mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM di Kabupaten Badung,” tegas Widiana. 

Lebih lanjut dikatakan, para pelaku UMKM memiliki peran yang besar dalam menggerakkan perekonomian masyarakat dan membantu program pemerintah di bidang ketenagakerjaan. Hal ini sangat selaras dengan komitmen Pemkab Badung dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengentaskan kemiskinan melalui perluasan lapangan kerja. Terlebih, banyaknya tenaga kerja yang telah kehilangan mata pencahariannya akibat pandemi Covid-19.

“Pada kesempatan yang baik ini kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para pelaku UMKM di Badung yang telah dengan tekun menjalankan usahanya dengan baik, sehingga dapat berjalan lancar dan turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Sementara, Ketua TP PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta sangat mengapresiasi terlaksananya Jumat Ceria dengan pasar rakyat yang melibatkan UMKM Badung. “Ini tidak terlepas dari peranan Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan Badung yang bekerja sama dengan BPD Bali,” ujarnya.

Khusus kepada BPD Bali, Nyonya Seniasih Giri Prasta juga mengucapkan selamat HUT Ke-61 kepada BPD Bali dan berterima kasih atas bantuan yang diberikan kepada anak-anak di Badung. “Kami dari PKK, Dekranasda maupun K3S Badung menyambut baik bantuan dari BPD Bali. Mudah-mudahan ke depan dapat dilanjutkan sebagai wujud perhatian kepada masyarakat, serta mendukung tumbuh kembang UMKM di Badung,” ujarnya. 7 asa

Komentar