nusabali

Menpora dan KOI Bahas Anggaran AWBG Bali

  • www.nusabali.com-menpora-dan-koi-bahas-anggaran-awbg-bali

JAKARTA, Nusabali - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo dan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari memastikan persiapan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali pada Agustus terus berjalan.

Kini keduanya terus memantapkan penganggaran pesta olahraga di pantai tersebut.

“Kemenpora sangat mendukung dan Ketua NOC Indonesia sudah sangat memahaminya. Soal anggaran, kita duduk bersama untuk memastikan kesanggupan pelaksanaan AWBG dari sisi pemerintah dan kolaborasi dengan swasta serta BUMN. Harapannya secepatnya, harusnya minggu depan sudah (ada kesepakatan anggarannya),” terang Menpora Dito saat ditemui di Kantor KOI, Jakarta, Kamis (25/5).

Sependapat, Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari, mengatakan diskusi terkait anggaran AWBG 2023 masih terus bergulir. Namun, masih belum ada kejelasan terkait jumlah dan kapan anggaran tersebut bisa turun.

“Persiapannya terus berjalan. Sementara diskusi di sini, teman-teman NOC, panitia AWBG, dan Kemenpora duduk bersama untuk mengkaji anggaran karena (AWBG) bisa jalan kalau ada anggarannya. Sampai hari ini kami belum terima anggaran dan kami terus kerja sama dengan Kemenpora supaya anggarannya bisa cepat cair,” kata Okto.

AWBG akan digelar pada 5-12 Agustus di empat klaster lokasi di Bali, yaitu di Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Canggu. Edisi kedua AWBG akan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu 5km open water swimming, beach water polo, beach soccer, beach handball, individual kata karate, kite foil, beach tennis, aquathlon, beach volleyball 4x4, beach wrestling, basket 3x3, airbadminton, sprint rowing, dan selancar (surfing).

AWBG Bali 2023 akan diikuti sekitar 1.500 atlet dari 130 negara. Mereka yang tampil harus melalui proses kualifikasi ketat hingga Juli. Selain AWBG, Bali juga akan kedatangan 205 delegasi dari seluruh dunia beserta para petinggi organisasi olahraga dunia, yakni Komite Olimpiade Internasional (IOC), Badan Anti-Doping Dunia (WADA), hingga pimpinan Federasi Internasional yang akan hadir di ANOC General Assembly pada 13-15 Agustus. ant

Komentar