nusabali

Pemkab Klungkung Sosialisasi Pencegahan Potensi Konflik Sosial

  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-sosialisasi-pencegahan-potensi-konflik-sosial
  • www.nusabali.com-pemkab-klungkung-sosialisasi-pencegahan-potensi-konflik-sosial

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar sosialisasi pencegahan potensi konflik sosial di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Kamis (25/5). Hadir, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Klungkung, I Dewa Ketut Sueta Negara mengatakan, sosialisasi ini dalam rangka menyikapi situasi konflik sosial yang terjadi di Kabupaten Klungkung. "Pada tahun 2024 nanti ada Pemilu serentak dan pemilihan presiden dan wakil presiden," ujar Dewa Sueta.

Untuk mensosialisasikan strategi penanganan konflik secara umum, dalam menyambut pesta demokrasi, eskalasi politik meningkat dapat memunculkan potensi-potensi kerawanan. "Perlu melakukan sosialisasi untuk meminimalisir terjadinya konflik di masyarakat khususnya terkait pemilu," ujar Dewa Sueta.


Bupati Suwirta meminta semua stakeholder melakukan koordinasi dalam mengembangkan sistem penyelesaian konflik secara damai. Harus bisa meredam konflik agar tidak terjadi. Konflik sosial bersumber dari permasalahan yang berkaitan dengan politik, ekonomi, sosial, budaya, antar umat beragama, suku, dan etnis. Selain itu juga bisa bersumber dari sengketa batas wilayah dan lainnya. “Jangan pernah saling menyalahkan dan jangan merasa paling benar," pinta Bupati Suwirta.

Segala macam perbedaan ada di masyarakat, jangan jadikan perbedaan sebagai sumber konflik, sebaliknya jadikan perbedaan itu sebagai pemicu untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan. 7 wan

Komentar