nusabali

Kejuaraan Malaysia Masters, Jonatan Melaju, Chico Kandas

  • www.nusabali.com-kejuaraan-malaysia-masters-jonatan-melaju-chico-kandas

Setelah tertinggal pada gim pertama, Jonatan mengubah strategi permainan pada gim kedua dan ketiga dengan lebih sabar. Apalagi shuttle kok yang digunakan cenderung berat sehingga tidak nyaman.

JAKARTA, NusaBali
Pebulutangkis tunggal putra Jonatan Christie sukses meredam perlawanan peserta kualifikasi Malaysia Masters 2023 pada babak pertama yang harus dilalui dalam tiga gim pada Rabu (24/5). Sedangkan juara bertahan Chico Aura gagal mempertahankan gelar usai dikalahkan wakil Taiwan. 

Pada laga di Kuala Lumpur, Jonatan menundukkan Chi Yu Jen dari Taiwan 16-21, 21-18, 21-16. Sedangkan Chico Aura dikalahkan wakil Taiwan lainnya, Lin Chun-yi, dengan skor akhir 21-13, 16-21, 8-21. 

"Pastinya tidak mudah di pertandingan pertama. Kami baru dari Piala Sudirman dengan tempat yang berbeda, jadi harus lebih adaptasi lagi. Sebenarnya dari awal saya sudah dapat ritme dan polanya, hanya penerapan strateginya agak sedikit kurang tepat," kata Jonatan, dalam rilis PP PBSI.

Setelah tertinggal pada gim pertama, Jonatan berusaha mengubah strategi permainan pada gim kedua dan ketiga dengan pola yang lebih sabar. Apalagi shuttle kok yang digunakan cenderung berat sehingga tidak nyaman jika dipaksakan bermain dengan ritme cepat atau terburu-buru.

"Di gim kedua dan ketiga saya mengubah permainan dengan lebih sabar karena tipikal lawan yang ulet dan tidak mudah dimatikan. Selain itu, kondisi shuttlecock yang pelan memang harus bermain menunggu kesempatan yang pas untuk masuk ke serangannya," kata Jonatan. 

Unggulan ketiga itu mengatakan, sebelumnya dia sudah memprediksi faktor fisik akan menjadi tantangan tersendiri saat tampil di Malaysia Masters. Rasa lelah yang diderita sejak bermain di Piala Sudirman pekan lalu belum pulih sepenuhnya. Dia pun harus bekerja lebih keras agar tampil prima pada turnamen berkategori BWF Super 500 itu.

"Memang sejak sebelum berangkat sudah antisipasi bahwa akan cukup melelahkan menuju ke Malaysia Masters ini setelah Piala Sudirman. Jadi harus punya tenaga ekstra dan pintar jaga kondisi," ujar Jonatan.

Jonatan menjadi tunggal putra Indonesia kedua yang lolos ke babak kedua Malaysia Masters. Sebelumnya, Christian Adinata yang masuk dari jalur kualifikasi sudah lebih dulu mengamankan jalannya usai mengalahkan Kantaphon Wangcharoen asal Thailand.

Sedangkan pemain tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo, dipastikan gagal pertahankan gelar juara Malaysia Masters setelah dikalahkan wakil Taiwan, Lin Chun-yi, 21-13, 16-21, dan 8-21. Dengan demikian, Lin akan menghadapi salah satu di antara Ng Ka Long Angus atau Lee Zii Jia di babak berikutnya.

Chico mendapatkan perlawanan sengit dari Lin di awal pertandingan. Kejar-kejaran angka pun terjadi.  Namun, Chico bisa mengembangkan permainan. Chico kian percaya diri seusai jeda dan menang 21-13.

Di gim kedua kedua pemain saling jual-beli serangan, namun pada akhirnya Chico takluk 16-21. 

Pada gim penentuan, Chico malah kehabisan bensin untuk meladeni permainan Lin. Dia terus dalam tekanan sehingga tertinggal 5-11 saat interval. Performa Chico benar-benar menurun drastis setelah interval. Dia pun pada akhirnya takluk 8-21 pada set ketiga. ant

Komentar