nusabali

Menteri ATR/BPN Apresiasi PTSL di Gianyar

  • www.nusabali.com-menteri-atrbpn-apresiasi-ptsl-di-gianyar

GIANYAR, NusaBali - Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) telah berjalan dengan baik selama enam tahun terakhir. Terbukti, sebanyak 101,3 juta bidang tanah telah terdaftar melalui program tersebut.

Program PTSL juga berjalan dengan baik di Gianyar. Hal itu disampaikan Menteri ATR/Kepala BPN (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto saat menyerahkan delapan sertifikat untuk pura dan masyarakat di Pura Bale Banjar Mawang, Pura Lodtunduh, Kecamatan Ubud, Gianyar, Rabu (24/5). 

Menteri tiba di Banjar Mawang setelah menyerahkan sertifikat di Bangli, lanjut ke Klungkung. Menurutnya, untuk menyelesaikan pendaftaran seluruh bidang tanah di Indonesia, diperlukan kerja sama yang baik antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan pihak terkait, mulai dari pemerintah daerah hingga masyarakat yang terlibat. Kerja sama yang baik itu pun telah terlaksana di Kabupaten Gianyar. “Penyelesaian sertifikat ini adalah hasil dari kolaborasi antar pemerintah daerah dengan Kantor Pertanahan. Tentu kita harapkan juga di akhir tahun 2023 ini,” jelasnya.

Menteri ATR/BPN menegaskan Kabupaten Gianyar sudah menjadi kabupaten lengkap, menyusul Kabupaten Badung. “Menurut laporan yang saya terima di Kabupaten Gianyar PTSL-nya sangat bagus karena didukung seluruh masyarakat termasuk pelaksanaan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) kemarin, berjalan dengan baik,” ucapnya.

Menteri Hadi Tjahjanto menjabarkan manfaat lain dari program PTSL. Menurutnya, selain memberi kepastian hak atas tanah, PTSL dapat menaikkan ekonomi salah satu sumbernya dari investor yang menanamkan investasi di Kabupaten Gianyar. Kalau sudah terdaftar semua tanahnya, ini juga dapat menarik investor dan menaikkan ekonomi Kabupaten Gianyar. “Tentunya investor juga mendapat kepastian hukum, sehingga untuk membuka usaha pun mereka akan tenang,” jelasnya.

Perbekel Desa Lodtunduh I Wayan Gunawan yang menjadi salah satu perwakilan masyarakat mengakui, dalam proses PTSL di Gianyar koordinasi dengan Kantor Pertanahan berjalan sangat baik. Dia mengapresiasi program PTSL. PTSL di Gianyar secara umum dengan kecepatan progresnya tidak ada program PTSL yang bermasalah. PTSL diawali dengan kegiatan Gemapatas, yaitu pemasangan patok, dan berjalan lancar.

Dalam penyerahan sertifikat itu, Menteri ATR/Kepala BPN didampingi Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Manajemen Internal Frederick Situmorang, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati, dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Kevin Haikal. Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali Andri Novi Jandri beserta jajaran. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Gianyar I Made Sumadra beserta jajaran, Wabup Gianyar AA Gde Mayun, serta perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Gianyar. 7 lsa

Komentar