nusabali

Tingkat Hunian Kawasan The Nusa Dua Sentuh 68 Persen

  • www.nusabali.com-tingkat-hunian-kawasan-the-nusa-dua-sentuh-68-persen

MANGUPURA, NusaBali - Seiring dengan kondisi pariwisata yang semakin menunjukkan trend positif, membuat tingkat hunian kamar hotel di kawasan The Nusa Dua juga mengalami peningkatan signifikan.

Dalam catatan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan, tingkat hunian rata-rata atau occupancy rate mencapai 68,87 persen pada periode April 2023.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, mengatakan mengawali triwulan II mencatat tingkat hunian kamar hotel di dalam kawasan berada di atas 60 persen. Angka ini menunjukkan pertumbuhan dua kali lipat dari periode yang sama pada April 2022, di mana pada periode itu hanya mencapai 27,30 persen. “Angka ini juga menunjukkan terjaganya

okupansi kawasan di atas 60 persen. Pada bulan ini merupakan pencapaian tertinggi selama 2023,” kata Ardita, Rabu (24/5).

Ardita menjelaskan, pada April 2023 terdapat 12 hotel di dalam kawasan mencapai tingkat hunian di atas 70 persen dari 21 hotel yang beroperasi. Tingkat hunian itu didorong oleh kunjungan wisatawan sebanyak 68.375 orang. Kunjungan ini didominasi oleh kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang tercatat 41.025 orang.

“Daerah Tujuan Wisata (DTW) Water Blow, Peninsula juga mencatat kunjungan wisatawan mencapai 5.210 orang selama April. Catatan ini meningkat dua kali lipat dibanding kunjungan periode April 2022 sebanyak 1.495 orang,” papar Ardita.

Dengan tingkat hunian yang terjaga di atas 60 persen, Ardita mengaku bersyukur karena tentunya menunjukkan pertumbuhan positif dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh adanya berbagai agenda dan juga libur Lebaran, serta penawaran promo menarik dengan ragam aktivitas serta atraksi yang tersedia di kawasan The Nusa Dua. “Kami berharap tingkat hunian dan kunjungan wisatawan dapat terus terjaga,” harapnya.

Sementara pada periode 1-21 Mei 2023, kawasan The Nusa Dua telah mencatat angka okupansi harian 63,72 persen yang dipengaruhi oleh kegiatan Meetings, Incentives, Conventions and Exhibitions.

(MICE). Memasuki triwulan ke III, beberapa event telah terjadwal akan digelar di kawasan The Nusa Dua antara lain event music Dream Machine pada 8-12 Juni 2023, Bali and Beyond Travel Fair (BBTF) 2023 pada 14-17 Juni 2023, serta event music Thanks God It’s Festival by Univlox Live pada 14-16 Juli 2023. Selain itu, kawasan The Nusa Dua juga terpilih menjadi venue partner penyelenggaraan event ANOC World Beach Games Bali 2023 edisi kedua pada 5-12 Agustus 2023, yang merupakan pesta olahraga pantai pertama yang berlangsung di Indonesia.

“Melihat semakin bertambahnya kegiatan pariwisata di kawasan yang kami kelola baik untuk kegiatan MICE, event music, event sport dan kegiatan lainnya, kami berharap tingkat hunian dapat tetap stabil hingga akhir tahun,” harap Ardita. 7 dar

Komentar