nusabali

AP I ‘Siaga’ Penyambutan Pesawat Jumbo Airbus A380

FOD Landasan Pacu Bandara Ngurah Rai Dibersihkan

  • www.nusabali.com-ap-i-siaga-penyambutan-pesawat-jumbo-airbus-a380
  • www.nusabali.com-ap-i-siaga-penyambutan-pesawat-jumbo-airbus-a380

MANGUPURA, NusaBali - Angkasa Pura I bersama stakeholder bandara melaksanakan aksi bersih-bersih Foreign Object Debris (FOD) di area landasan pacu Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Rabu (24/5). 

Aksi bersih-bersih ini untuk memastikan kondisi di bandara tersibuk kedua di Indonesia ini bebas dari benda-benda yang berbahaya. Apalagi, dalam waktu dekat ini akan ada pesawat super besar (jumbo), yakni Airbus 380-800 yang akan mendarat di landasan pacu tersebut.

General Manager Angkasa Pura I, Handy Heryudhitiawan menerangkan sebagai upaya dalam menjamin keselamatan penerbangan di area Bandara Ngurah Rai, pihaknya bersama stakeholder bandara melaksanakan kegiatan Foreign Object Debris (FOD) Cleaning. Kegiatan ini merupakan wujud peningkatan level keselamatan untuk mengantisipasi benda-benda asing yang dapat berpotensi menimbulkan kerusakan atau membahayakan keselamatan penerbangan. 

"Kegiatan ini juga seiring adanya penebangan perdana pesawat terbesar Airbus 380-800 maskapai Emirates yang mulai mendarat pada 1 Juni mendatang," ujarnya, Rabu sore. Handy melanjutkan, kegiatan FOD Cleaning untuk memastikan keselamatan penerbangan. Sebagaimana program dari AP I dan stakeholder bandara, bahwa FOD cleaning secara berkelanjutan dilaksanakan sebagai upaya membangun budaya keselamatan penerbangan setiap stakeholder bandara, yang artinya bahwa kebersihan area sisi udara dapat menunjang keselamatan penerbangan. 


"Dengan kegiatan bersih-bersih ini, tentunya turut memberikan nilai plus bagi kelancaran penerbangan Airbus 380-800 nantinya, termasuk sekitar parkir stand yang akan digunakan telah kami bersihkan dalam agenda FOD Cleaning, menjadi poin penting secara berkelanjutan untuk terus terlaksana," paparnya lagi 

Diuraikan Handy, untuk diketahui Bandara Ngurah Rai sampai saat ini telah melayani sebanyak 13 maskapai domestik dan 36 maskapai internasional. Bahkan, pergerakan pesawat khusus di rute internasional saat ini mengalami peningkatan signifikan dari periode yang sama dari pencatatan tahun 2022 lalu. Peningkatan ini terjadi di sisi pergerakan penumpang maupun juga pesawat. "Pergerakan pesawat udara dengan rata-rata harian saat ini mencapai 30.133 penumpang dan 166 pergerakan pesawat udara. Dengan pergerakan yang signifikan ini menjadi acuan bagi kami untuk terus berupaya meningkatkan keselamatan penerbangan," pungkasnya.

Seperti diketahui maskapai penerbangan internasional, Emirates untuk pertama kalinya dalam sejarah penerbangan Indonesia akan mengoperasikan pesawat Airbus A380 pada 1 Juni 2023 ke Bali. Pesawat A380 milik Emirates yang terdiri dari dua kelas ini akan menggantikan salah satu pesawat Boeing 777-300ER yang selama ini telah menjalankan operasi ke Bali selama dua kali dalam sehari. 

Pesawat A380 dengan nomor penerbangan EK368 ini akan berangkat dari Bandara Internasional Dubai (DXB) pukul 03.25 dan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) pada 16.35 Wita. Dari Bali, EK369 dijadwalkan berangkat pukul 19.40 Wita dan tiba di Dubai jam 00.45. Seluruh jadwal berdasarkan waktu setempat. Pesawat A380 Emirates menghadirkan 58 kursi kelas bisnis yang bisa direbahkan dan 557 kursi kelas ekonomi dengan jarak yang cukup. 7 dar

Komentar