nusabali

Hemat Biaya Operasional, Ratusan Ribu Mitra Driver Manfaatkan Program Gojek Swadaya

  • www.nusabali.com-hemat-biaya-operasional-ratusan-ribu-mitra-driver-manfaatkan-program-gojek-swadaya

DENPASAR, NusaBali.com – Sejak diluncurkan tahun 2016, program Gojek Swadaya telah dimanfaatkan lebih dari 450 ribu mitra driver per bulannya. Program eksklusif ini pun mampu meringankan beban operasional mitra driver dan keluarganya.

Betapa tidak, karena program ini bersentuhan langsung dengan kebutuhan sehari-hari mitra driver. Mulai dari pembelian pulsa yang digunakan tetap bisa online melayani pelanggan, hingga pembelian sembako yang banderolnya di bawah harga pasar.

“Gojek Swadaya merupakan bagian integral dari strategi jangka panjang untuk mendukung mitra driver. Bersama Gojek Swadaya, mitra driver mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan keluarga,”  kata Jeffry Johannes, VP Gojek untuk Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara.

Secara nasional, Gojek Swadaya berjalan ditemukan fakta menarik. Untuk pembelian pulsa, total kuota yang dibeli mitra driver melalui Paket Pulsa Swadaya capai 7,41 juta GB tiap bulannya.

Sementara terkait dengan kendaraan yang digunakan untuk mencari nafkah, voucher diskon paling banyak digunakan mitra driver adalah oli, dengan total oli yang digunakan mitra driver dari Paket Swadaya sebanyak 37,3 ribu liter.

Lebih dari 240.000 mitra driver dan keluarga mempunyai akses untuk hidup yang lebih baik melalui program tabungan dan asuransi termasuk BPJS, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terjangkau, dan beasiswa anak mitra.

Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian dari BPJS Ketenagakerjaan di Gojek Swadaya menjadi inisiatif pertama di industri yang menghubungkan asuransi ketenagakerjaan dengan mitra driver. Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan menjadi produk finansial Swadaya dengan pendaftar terbanyak.

Bahkan disediakan fitur Tips Pintar di aplikasi GoPartner, sehingga lebih dari 400 ribu mitra driver telah melek keuangan dengan berbagai modul ilmu finansial yang banyak diminati mitra driver.

Layanan on demand dari Grup GoTO ini pun terus berinovasi dan menyempurnakan program Swadaya yang dihadirkannya di setiap daerah. 

Di Bali, program swadaya Gojek yang dihadirkan melalui  Swadaya maintenance untuk menjaga performa kendaraan. Lalu ada Swadaya bazaar bekerja sama dengan puluhan merchant di Bali untuk menghadirkan harga khusus dalam memenuhi kebutuhan suku cadang kendaraan, dan juga  menyediakan sembako murah pada event tertentu yang bisa dimanfaatkan oleh para mitra driver.

“Kesejahteraan mitra driver selalu menjadi perhatian utama kami. Karena itu kami menghadirkan program Swadaya yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mitra kami yang ada di Bali. Harapannya para mitra dapat memanfaatkan program ini dan juga beragam potongan harga yang kami berikan, guna meringankan beban operasional mereka sehari-hari,” kata District Head Bali Gojek, Rayi Bimantara di sela-sela Halal Bihalal Gojek dengan media di Denpasar, Rabu (24/5/2023).

Selain itu, khusus pada bulan Ramadan lalu Gojek juga menghadirkan inisiatif yakni program Swadaya Mudik, yang dihadirkan khusus bagi para mitra driver Gojek dalam mempersiapkan diri untuk pulang ke kampung halaman jelang Hari Raya Idul Fitri.

Kesejahteraan mitra driver menjadi kunci utama Gojek dalam terus memberikan dampak perekonomian yang maksimal di Indonesia, sebagaimana tercermin dari Riset LPEM FEB UI yang menunjukkan kehadiran Grup GoTo mampu menciptakan kesempatan kerja, menekan angka kemiskinan dan menurunkan kesenjangan pendapatan di kota-kota operasional GoTo. 

“Faktor kesuksesan program Gojek Swadaya karena program ini sangat mudah dijangkau, cukup melalui fitur di aplikasi mitra driver Gojek yakni GoPartner. Agar tepat sasaran, setiap program melibatkan diskusi dua arah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mitra driver di masing-masing daerah, melalui kanal komunikasi seperti Kopdar (kopi darat),” tutup Jeffry. 

Komentar