nusabali

Waspada Demam Berdarah! Bocah 4 Tahun di Gianyar Jadi Korban

  • www.nusabali.com-waspada-demam-berdarah-bocah-4-tahun-di-gianyar-jadi-korban

GIANYAR, NusaBali.com - Demam Berdarah (DB Dengue) masih menjadi momok menakutkan dan merenggut nyawa seorang bocah laki-laki di Gianyar, di akhir bulan Mei 2023 ini.

Bocah berusia 4 tahun inisial I Putu RPN, asal Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring ini meninggal dunia setelah sempat dirawat di Ruang PICU RSUD Sanjiwani Gianyar.

"Nggih (ya, red) kemarin 1 (meninggal dunia, red) karena kondisi pasien saat ke fasyankes sudah buruk," ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Dra Ni Nyoman Ariyuni, Rabu (24/5/2023). 

Kondisi buruk tersebut terjadi ketika pasien mengalami gejala demam tinggi, sakit kepala, serta nyeri tulang dan otot hingga mengalami penurunan jumlah sel pembentuk gumpalan (trombosit) di aliran darah. 

Dijelaskan Ariyuni, antisipasi pencegahan dan pemberantasan penyakit DBD di Kabupaten Gianyar sejatinya telah diupayakan dilaksanakan secara berkesinambungan. 

Diantaranya melaksanakan kegiatan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dengan 3 M plus yaitu menutup rapat semua tempat penampungan air, menguras bak air, dan mendaur ulang barang barang bekas yang bisa menjadi tempat perindukan nyamuk seperti memelihara ikan pemakan jentik nyamuk serta memasang kawat kasa pada ventilasi dan jendela, menggunakan revelent anti nyamuk serta menaburkan bubuk larvasida. 

"Petugas Puskesmas kami terus-menerus menggalakkan pelaksanaan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) bersama kader Jumantik dan masyarakat," jelasnya. *nvi

Komentar