nusabali

Cara Membuat Sabun Cuci Piring yang Kental, Cek Dulu Yuks!

  • www.nusabali.com-cara-membuat-sabun-cuci-piring-yang-kental-cek-dulu-yuks

Pengen lebih hemat? Yuks cek cara membuat sabun cuci piring yang kental ini!

DENPASAR, NusaBali.com - Kamu tahu nggak sih kalau sabun cuci piring merupakan salah satu kebutuhan dapur yang penting banget untuk diperhatikan karena banyak sekali manfaatnya. Hanya saja terkadang sabun ini cenderung lebih cepat habis dibandingkan sabun lainnya sehingga lumayan boros untuk penggunaan jangka panjang. 

Berita baiknya kamu nggak perlu khawatir karena ada cara membuat sabun cuci piring yang kental dengan langkah-langkah yang mudah banget. 

Cara Membuat Sabun Cuci Piring yang Kental

Bagaimana cara membuat sabun cuci piring yang kental di rumah saja? Kamu nggak perlu bingung karena bisa langsung menggunakan beberapa cara menarik di bawah ini!

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Pandan

Sabun cuci piring pertama yang bisa kamu buat adalah dari bahan pandan. Bahan alami ini ternyata cocok banget digunakan untuk sabun cuci piring yang lebih kental sehingga lebih hemat dan awet untuk penggunaan jangka panjang. Bahan lain yang dibutuhkan adalah jeruk nipis, pandan, air, wadah botol, baskom untuk mencampur dan sendok. 

Setelah semua bahannya siap kamu bisa langsung memulai proses pembuatannya seperti di bawah ini!

1. Buat Sari Pandan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat sari pandan terlebih dahulu. Caranya adalah daun pandan yang telah dibersihkan kemudian blender atau hancurkan untuk mempermudah pengambilan sarinya. Barulah setelah hancur kamu bisa meremas daunnya dan menyaringnya. 

Setelah berhasil mendapatkan sari pandan kamu bisa menyisihkannya terlebih dahulu pada semua wajah atau gelas biar nggak tercecer. 

2. Campurkan Bahan

Ambil wadah atau baskom yang besar untuk mencampurkan bahan yang lebih beragam seperti sari pandan tadi, garam, jeruk nipis dan air. Pastikan kamu memasukkan semua bahan dengan perlahan dan perbandingannya pas biar nggak encer atau terlalu kental. Aduk benar-benar sampai semua bahannya merata sempurna. 

3. Diamkan

Kamu harus tahu kalau sabun cuci piring ini belum bisa langsung digunakan karena harus didiamkan terlebih dahulu. Kamu perlu mendiamkan sabun cuci piring ini sekitar 3 sampai 5 jaman atau bahkan semalaman. Biar hasilnya maksimal kamu perlu menutup wadah dengan rapat sehingga nggak ada bakteri dan hewan juga yang masuk di dalamnya. 

4. Hilangkan Busa 

Jika sudah didiamkan biasanya masih ada busa di bagian atasnya. Untuk hasil sabun yang lebih awet kamu harus menghilangkannya terlebih dahulu. Busa ini jika dibiarkan bakalan membuat sabun cuci piring mudah berair dan nggak kental lagi. 

5. Pindahkan Wadah 

Setelah sudah bersih busanya, langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah memindahkannya ke wadah lainnya. Kamu bisa menggunakan bantuan corong untuk memindahkan sabun cuci ini ke dalam botol dan menutupnya rapat. Sabun ini aman digunakan untuk mencuci perlengkapan makan jadi kamu nggak perlu khawatir. 

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Jeruk Nipis

Cara kedua yang bisa kamu coba untuk membuat sabun cuci piring adalah memanfaatkan jeruk nipis. Kamu tentunya tahu kalau jeruk nipis memang banyak ditemukan pada sabun cuci piring di pasaran karena formulanya yang keren dan mampu mengangkat lemak maupun kotoran dengan sempurna. 

Sehingga untuk hasil lebih melimpah dan praktis tentu saja kita bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk menjadikannya sabun cuci piring organik di rumah saja. Bahan yang dibutuhkan adalah jeruk nipis kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu remas untuk diambil sarinya dan pindahkan ke wadah tertentu. Tambahkan air hangat untuk melarutkannya. 

Kamu bisa langsung menggunakan sabun buatan dari jeruk nipis ini untuk mencuci piring. Hanya saja kamu harus tahu karena nggak menggunakan pengawet maka sabun ini hanya bisa dipakai sekali saja dan bisa berubah bau maupun warnanya dalam waktu yang lebih cepat. 

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Belimbing Wuluh

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk membuat sabun cuci piring adalah memanfaatkan belimbing wuluh. Kamu harus tahu kalau belimbing wuluh memiliki kandungan asam yang cukup kuat sehingga mampu mengangkat kotoran dan noda dengan maksimal tanpa memberikan efek samping berbahaya untuk perlengkapan makanmu. 

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sabunnya adalah pertama, Kupas dulu belimbing wuluh kemudian potong dan hancurkan menggunakan blender. Saring sari belimbing wuluh dan diamkan beberapa menit, untuk hasil yang maksimal kamu bisa mendiamkannya sekitar 5 jam. Sabun ini bisa langsung digunakan atau dipindahkan dulu ke wadah botol. 

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Campuran Bahan Kimia

Pengen sabun cuci piring kental dan tahan lama untuk digunakan? Kamu jangan khawatir karena bisa menggunakan campuran bahan kimia yang aman dan ampuh untuk melawan kuman. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat sabun cuci piring ini adalah NaCl atau Natrium klorida. Kemudian bahan lain yang dibutuhkan adalah EDTA, Texapon, pewangi (opsional) dan air. 

Adapun untuk cara pembuatannya, pertama kamu perlu merebus air terlebih dahulu sampai mendidih. Kedua, pindahkan air ke dalam wadah tahan panas kemudian masukkan semua bahan satu persatu sesuai takaran yang diinginkan. Kemudian aduk merata jangan sampai ada yang menggumpal karena bakalan mempengaruhi hasilnya. 

Jika sudah dicampurkan, sabun cuci piring ini bisa langsung digunakan atau dipindahkan ke dalam wadah botol untuk disimpan dalam waktu yang lama. Kamu bisa memilih botol dengan penutup yang rapat biar nggak mudah bocor atau terurai sabunnya. 

Cara Membuat Sabun Cuci Piring dari Garam dan Lemon

Cara membuat sabun cuci piring selanjutnya adalah memanfaatkan garam dan lemon. Kamu harus tahu kalau kedua bahan ini memang sudah umum digunakan untuk membersihkan kotoran atau noda yang membandel. Ternyata selain untuk membersihkan dapur, ternyata campuran ini juga cocok banget digunakan untuk mencuci piring. 

Meskipun memiliki kandungan asam yang kuat namun kamu nggak perlu khawatir karena lemon dan garam nggak bakalan merusak kulitmu ketika mencuci piring. Nggak heran kalau jenis sabun cuci piring ini juga banyak dipilih untuk pemilik kulit tangan sensitif. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah hanya dengan memotong lemon kemudian mengambil airnya. 

Tambahkan beberapa sendok garam halus ke dalamnya dan aduk secara merata. Sabun cuci piring ini sudah bisa digunakan. Hanya saja karena nggak menggunakan pengawet dan sifatnya organik maka sabun cuci ini nggak bisa disimpan dalam jangka panjang. Jadi, kamu bisa membuatnya sedikit saja sesuai dengan kebutuhanmu. 

Bagaimana, sudah memilih jenis sabun cuci piring yang bisa dibuat sendiri di rumah? Semua sabun cuci piring di atas aman dan tentunya lebih hemat terutama kamu yang memiliki cukup banyak cucian dapur di rumah. Kamu nggak perlu lagi membeli sabun dalam jumlah banyak atau ketika dalam keadaan darurat bisa langsung membuatnya sendiri di rumah. 

Komentar