nusabali

Pembebasan Lahan untuk Jembatan Ceningan-Lembongan Diperkirakan Rp 5,4 M

  • www.nusabali.com-pembebasan-lahan-untuk-jembatan-ceningan-lembongan-diperkirakan-rp-54-m

SEMARAPURA, NusaBali - Proses pembebasan lahan untuk rencana pembangunan jembatan permanen penghubung Pulau Ceningan dan Pulau Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung diperkirakan mencapai Rp 5,4 miliar.

Perencanaan pembangunan jembatan permanen tersebut telah rampung dibuat oleh Provinsi Bali dengan panjang 400 meter dan lebar 9,5 meter. Tinggal menunggu proses pembebasan lahan.

Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Permukiman Klungkung Made Jati Laksana mengatakan, proses perencanaan jembatan permanen Lembongan-Ceningan sudah diselesaikan oleh Pemprov Bali dengan anggaran sekitar Rp 80 miliar yang akan disampaikan pada APBN perubahan sekitar bulan Juni nanti.

Pemkab Klungkung nantinya melakukan pembebasan lahan untuk rencana pembangunan jembatan permanen tersebut. Lahan yang dibebaskan diperkirakan memiliki luasan sekitar 18 are. Nanti ada tim appresial yang melakukan penilaian terhadap lahan 18 are di Pulau Ceningan tersebut. 

"Estimasi anggaran pembebasan lahan sekitar Rp 5,4 miliar," kata Jati Laksana didampingi Kabid Bina Marga Gede Merta Jaya, Senin (22/5).

Terkait pembebasan lahan tersebut, Jati Laksana sudah lapor ke bupati, nanti dibicarakan dengan TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). "Untuk pembebasan lahan masih menunggu anggaran,” kata Jati Laksana. Selain itu, Pemkab Klungkung juga harus membebaskan lahan seluas 6,9 are di wilayah Lembongan, namun lahan itu tanah negara. 7 wan

Komentar