nusabali

Kemarau, Siap-Siap Debit Air Menyusut

  • www.nusabali.com-kemarau-siap-siap-debit-air-menyusut

Sejumlah desa diprediksi mengalami kesulitan air bersih, serta adanya gangguan pelayanan di sejumlah titik di saat kemarau panjang.

SINGARAJA, NusaBali
Produksi debit air di sumber mata air yang dikelola oleh Perumda Air Minum Tirta Hita atau PDAM Buleleng diperkirakan akan menyusut akibat kemarau panjang yang diprediksi terjadi tahun ini. 

Dirut Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng Made Lestariana, Senin (22/5),  mengatakan pada musim kemarau tahun ini kapasitas produksi air yang semula dimiliki mencapai 858 liter per detik akan menurun 20 persen hingga 25 persen. 

Penurunan kapasitas produksi ini dapat menyebabkan terjadinya gangguan pelayanan pada pagi dan sore hari di beberapa wilayah Kota Singaraja, seperti Kelurahan Banyuning dan Jalan Jalak Putih di Kelurahan Banyuasri. 

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan layanan saat musim kemarau ini, pihaknya akan manfaatkan reservoir yang baru saja dibangun di daerah Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukasada. Pihaknya juga telah menganggarkan penggantian pipa transmisi dari semulanya berukuran 3 inchi menjadi 4 inchi hingga 6 inchi.

"Wilayah Banyuning dan di kawasan Jalan Jalak Putih itu padat penduduk, sementara penyebaran sumber airnya tidak merata. Debit airnya juga hanya  13,5 liter per detik sementara kebutuhannya 17 liter per detik. Namun kami pastikan kebutuhan air untuk pelanggan tetap aman. Kami akan maksimalkan reservoir di Padangbulia untuk kebutuhan di kota," ujar Lestariana.

Buleleng saat ini diprediksi akan mengalami musim kemarau berkepanjangan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Akibatnya beberapa desa diperkirakan kesulitan untuk mengakses air bersih. Perumda Air Minum Tirta Hita telah menyiapkan mobil tangki unutk mensuplai desa-desa di Buleleng yang nantinya mengalami krisis air selama musim kemarau.  

Beberapa daerah yang tidak masuk dalam layanan Perumda Air Minum Tirta Hita Buleleng yang juga diprediksi akan kesulitan mengakses air bersih, juga akan dicover.  Seperti di Desa Julah, Tejakula, Pacung, serta di beberapa desa di Kecamatan Banjar untuk di bagian atas. Pihaknya pun telah meneydiakan beberapa mobil tangki untuk suplai air bersih.  

"Untuk daerah yang tidak masuk dalam layanan, kami bersama BPBD Buleleng telah menyiapkan bantuan mobil tangki untuk menyuplai air bersih di desa tersebut. Sebelumnya juga kita juga sudah pernah lakukan ini pada musim kemarau tahun-tahun sebelumnya," pungkas Lestariana. 7mzk

Komentar