nusabali

Bintang SEA Games 2023 Meriahkan HUT Bangli

Bupati Sedana Arta Tawarkan Jadi Pegawai Kontrak

  • www.nusabali.com-bintang-sea-games-2023-meriahkan-hut-bangli

BANGLI, NusaBali - Tiga atlet asal Bangli yang berhasil menyabet medali pada SEA Games 2023 di Kamboja hadir di Alun-alun Bangli pada, Senin (22/5) malam.

Kehadiran para atlet ini untuk berbagi pengalaman serta membangkitkan semangat untuk olahraga Bangli bersamaan dengan rangkaian kegiatan HUT ke-819 Kabupaten Bangli. Acara tersebut dihadiri Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati (Wabup) Wayan Diar dan para pelajar di wilayah Bangli. 

Ketiga atlet tersebut, yakni Komang Teguh Trisnanda punggawa Timnas Sepak bola U-22 yang meraih medali emas, Dewa Ayu Mira Widari dari Cabor Judo yang meraih medali perunggu, dan Ni Kadek Ariani, peraih medali emas dan perak dari cabor Cricket putri. Bupati Sedana Arta juga memberikan kesempatan bagi para atlet berprestasi ini untuk menjadi tenaga kontrak di lingkungan Pemkab Bangli. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sedana Arta mengatakan pencapaian para atlet ini membuktikan bahwa Kabupaten Bangli memiliki atlet berprestasi. Saat ini agar tidak ada lagi yang malu mengaku bahwa dirinya dari Bangli. "Para atlet ini sama seperti kita adalah anak-anak orang biasa, namun berani bermimpi tinggi dan memiliki tekad yang kuat untuk meraih prestasi," kata Bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini. Pihaknya menawarkan kepada para atlet jika berkeinginan menjadi tenaga kontrak di Pemkab Bangli. 

Sejauh ini baru Dewa Ayu Mira Widari yang menerima dan akan ditugaskan di Dinas Perhubungan (Dishub) Bangli. "Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya. Kami harapkan ini bisa membangkitkan rasa jengah pemuda di Kabupaten Bangli," sebutnya. Di sisi lain, politisi PDIP ini memaparkan perencanaan pembangunan sport center di Kabupaten Bangli yang dapat menunjang kegiatan olahraga di Bangli. Tidak tanggung-tanggung, sport center yang akan dibangun dengan fasilitas yang berstandar nasional bahkan internasional. 

"Belum ada lintasan atletik di Bali yang berstandar. Nanti kita akan bangun di Bangli. Fasilitas cabang olahraga lainnya juga akan dilengkapi," tegasnya. 


Wakil Bupati Bangli yang juga Ketua KONI Bangli, I Wayan Diar menyampaikan kegembiraan atas pencapaian para atlet Bangli. "Pencapaian ini melebihi ekspektasi kami di Bangli. Semangat jengah ini telah berbuah medali pada SEA Games," ungkapnya. 

Selanjutnya bagaimana meningkatkan prestasi para atlet. Harus diketahui potensi atlet yang ada di masing-masing cabor. "Dalam waktu dekat akan dibahas terkait pemataan mana atlet/cabor yang berpotensi di Bangli," kata Wayan Diar. 

KONI dan Pemkab Bangli tentu akan mendorong untuk kemajuan atlet Bangli. Bahwa akan ada tahapan pembinaan untuk pemula kemudian profesional. Sehingga tahapan akan menjadi lebih jelas dan tidak sampai salah pembinaan. Saat ini Pemkab Bangli sedang memproses untuk bisa dibangun sport center. Keberadaan sport center dapat menunjang cabor yang ada di Bangli.
 
Ditambahkan pula, Pemkab dan KONI akan memberikan tali asih bagi para atlet Bangli yang telah menorehkan prestasi pada SEA Games. "Bukan masalah besar kecilnya, tapi ini bentuk terima kasih dan juga bagaimana kita menyambut adik-adik para atlet ini. Sudah saatnya mendukung para atlet," tegasnya. Sementara itu, Komang Teguh Trisnanda mengatakan tidak menyangka SEA Games tahun ini sepak bola Indonesia bisa meraih emas setelah penantian panjang selama 32 tahun. Pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras dan latihan yang konsisten. 

"Harus maksimal, kalau latihan leha-leha maka saat pertandingan akan terbawa," ujar pemuda asal Banjar Pule, Kelurahan Kawan, Bangli yang kini bernaung di bawah Klub Borneo FC. Sedangkan Dewa Ayu Mira Widari pada SEA Games 2023 ini berhasil meraih perunggu. Namun demikian dirinya mengaku belum puas. Pejudo asal Banjar/Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli ini ingin meningkatkan prestasi, sehingga nantinya mampu meraih medali emas. "Mudah-mudah nanti ada pertandingan perorangan dan bisa meraih medali emas. Untuk sekarang pertandingan mix tim," jelasnya. 

Di sisi lain, dia berharap dengan prestasi kali ini bisa membangkitkan minat Judo di Bangli. Atlet yang aktif saat ini tidak terlalu banyak. Untuk itu diharapkan dukungan pemerintah dalam hal menyediakan fasilitas olahraga yang memadai. "Semoga bidang olahraga lebih diperhatikan lagi, fasilitas lebih lengkap. Itu bisa meningkatkan minat untuk ikut bergabung," sambungnya. 

Sedangkan atlet Cricket Ni Kadek Ariani yang berhasil meraih medali emas dan perak Kadek Ariani menargetkan tahun berikutnya bisa masuk Asian Games. "Bulan depan akan ada pra PON, ini sebagai salah satu persiapan untuk kami," ungkap atlet asal Banjar Kayu Padi, Desa Belantih, Kecamatan Kintamani ini. 7 esa

Komentar