nusabali

Raih Emas SEA Games, Sayu Bella jadi Kebanggaan Undiksha

  • www.nusabali.com-raih-emas-sea-games-sayu-bella-jadi-kebanggaan-undiksha

SINGARAJA, NusaBali - Atlet balap sepeda, Sayu Bella Sukma Dewi berhasil meraih medali emas pada nomor Cross Country Olympic (XCO) dan nomor Cross Country  Relay (XCR) saat tampil pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja.

Keberhasilan Sayu Bella meraih emas disambut bangga oleh seluruh jajaran Universitas Ganesha (Undiksha) Singaraja.  

Sayu Bella merupakan salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja. Ia kini masih duduk di semeter II di Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK). 

Keberhasilannya meraih juara pada ajang internasional juga disambut bangga oleh jajaran FOK Undiksha. Rasa bangga itu diungkapkan langsung pada pertemuan di Kampus Undiksha Jinengdalem, Jumat (19/5).

Kehadiran Sayu Bella ke kampus didampingi sang ayah, Made Artawan dan ibu Sri Astiti. Ia disambut dengan kegembiraan oleh jajaran pimpinan  FOK. Pada kesempatan ini, Sayu Bella menuturkan untuk meraih prestasi ini perlu perjuangan yang sangat keras dan tidak terlepas dari dukungan orangtua, keluarga, pelatih, pemerintah, dan juga dari FOK Undiksha. Dukungan tersebut memberikan keringanan saat mengikuti pelatihan.

Sebelum tampil pada ajang SEA Games Kamboja, ia melakukan persiapan selama tujuh bulan, tepatnya dari Oktober tahun 2022. Persiapannya tidak terbatas pada fisik, tetapi juga mental. Kerja keras dan keyakinannya mampu mengantarkannya menjadi yang tercepat diantara 17 peserta lainnya pada nomor XCO putri dan meraih juara pada nomor XCR. Raihan prestasi ini tidak membuatnya langsung berpuas diri. Justru menjadi motivasi untuk bisa mengikuti kompetisi internasional lainnya dan berharap kembali menorehkan hasil yang gemilang.

Pada 22 Mei 2023 ini, atlet asal Tejakula, Buleleng ini akan berangkat ke Swiss untuk mengikuti training World Cycling Centre. Berbicara soal olahraga sepeda, atlet kelahiran 16 Agustus 2003 ini sudah menekuni sejak tahun 2017 dan mengikuti kompetisi pertamanya pada Walikota Cup di Denpasar. Pada ajang ini ia berhasil meraih juara. Kecintaannya pada olahraga sepeda terus berlanjut dan ia tampil pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Bali, SEA Games di Vietnam, dan sebagainya.

Kebanggan juga diungkapkan oleh ayahnya, Made Artawan. Awalnya, ia tidak menyangka anaknya meraih prestasi gemilang ini. Tetapi dengan melihat niat dan semangatnya yang sangat tinggi dalam latihan serta pengalaman yang didapatkan sebelumnya, keyakinan untuk mendapatkan juara terus tumbuh.

Ada cerita menarik yang diungkapkan. Ternyata sebagai orangtua, ia pernah menyarankan sang anak, Sayu Bella untuk menekuni olahraga lain. Menurutnya, olahraga sepeda adalah olahraga yang keras dan sering membuatnya waswas. Tetapi, dengan hasil membanggakan yang dirasakan, kini ia memberikan dukungan penuh dan mengharapkan dapat meraih prestasi lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh sang ibu, Sri Astiti. Ia tidak menyangka putrinya meraih juara dan merasa haru. Ke depan, ia berpesan agar Sayu Bella dapat selalu menjaga nama baik keluarga, kampus, nama Bali dan Indonesia.

Sementara itu, Dekan FOK Undiksha, I Ketut Budaya Astra, S.Pd.,M.Or mengharapkan prestasi yang diraih oleh Sayu Bella ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain maupun bagi para dosen dalam melakukan pengembangan minat bakat dan pembinaan terhadap mahasiswa. Melalui pertemuan ini disampaikan FOK Undiksha selalu mendukung kiprah Sayu Bella sebagai atlet. Demikian juga mahasiswa lainnya dan diharapkan dapat menorehkan prestasi. 7 

Komentar